Peningkatan Kualitas Pendidikan Perlu Sinergisitas

- Selasa, 3 Mei 2016 | 02:51 WIB

BENGKALIS, HALUAN — Bupati Beng­kalis, Amril Mukminin menga­takan, keber­hasilan pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan si­nergisitas antar ber­bagai komponen dan kesepahaman visi seluruh pemangku kepen­tingan.

Komponen pendidikan dimaksud, kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, adalah siswa sebagai input, sarana prasarana, serta proses atau metode pem­bela­jaran, merupakan sebuah sistem yang akan menentukan kualitas lulusan setiap peserta didik.

“Sedangkan pemangku ke­pen­tingan terkait, seperti siswa, guru, kepala se­kolah, wali murid, masya­rakat, dinas terkait dan pemerintah daerah. Semuanya harus sevisi dan bersinergi, sehingga semakin mem­perlancar dan memper­mudah pen­capaian tujuan pendidikan, baik tujuan akademis maupun pem­ben­tukan moral,” ujar Amril, ketika meng­hadiri pemancang tiang perta­ma pem­bangunan gedung serba guna dan s­e­kretariat Yayasan Prajnamitra Maitreya (YPM) Cabang Bengkalis di Komplek Sekolah Dharma Maitreya, Jalan Wo­no­sari Tengah, Desa Wo­nosari, Sabtu (30/4).

Amril mengajak seluruh keluarga besar YPM, khususnya Cabang Beng­kalis men­jadikan kegiatan seremonial itu untuk semakin memperkuat tekad dan keinginan, untuk bersama-sama berbuat dan mem­berikan yang terbaik, bagi percepatan keberhasilan pem­bangunan.

“Khususnya di bidang pendidikan di Kabupaten Bengkalis. Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bengkalis, senantiasa memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi partisipasi masya­rakat,” ajak Amril.

Di samping itu, salah satu pemang­ku kepentingan yang turut menen­tukan terca­pai tidaknya pencapaian tujuan pendidikan, adalah masya­yakat.

Peran masyarakat di era seka­rang adalah harus menjadi fasilitator dalam menunjang pelaksanaan pen­didikan. Ikut serta dalam menye­lenggarakan pen­didikan swasta.

Kemudian, membantu pengadaan tena­ga, sarana dan prasarana, serta membantu mengembangkan profesi, baik secara langsung maupun tidak langsung. (h/hr)

Editor: Administrator

Terkini

20 Destinasi Wisata di Jawa Mulai Dibuka Tahap Ujicoba

Senin, 13 September 2021 | 17:56 WIB

Water Front City Sukses Dikelola Desa Rambai

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:01 WIB

Bupati Alfedri: Ayo Vote Siak The Truly Malay

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 03:35 WIB
X