Potensi Wisata Religi di Desa Salimbatu Kalimantan Utara

- Sabtu, 27 November 2021 | 00:15 WIB
 makaMendes Gus Halim di makam almarhum Ahmad Al-Maghribi yang menjadi salah satu tempat bersejarah (diskominfo.kaltaraprov.go.id)
makaMendes Gus Halim di makam almarhum Ahmad Al-Maghribi yang menjadi salah satu tempat bersejarah (diskominfo.kaltaraprov.go.id)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyatakan kesiapan untuk mendukung wisata religi di Desa Salimbatu. Desa Salimbatu dinilai berpotensi menjadi Destinasi wisata adat istiadat dan religi.

“Saya bangga melihat antusias masyarakat Desa Salimbatu. Tentu saya sangat bersyukur dan berbahagia bisa bersilaturahmi dengan satu desa yang memiliki kemampuan untuk terus mempertahankan adat istiadat yang sangat bagus. Potensi wisata religinya wajib kita dukung “ ujarnya saat tiba di Rumah Adat Tidung, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), pada Jumat (26/11/2021).

Ketua Adat Tidung, Ilhamsyah menyambut dengan gembira kunjungan Gus Halim. Di sela-sela sambutannya, Ilhamsyah berharap pemerintah dalam hal ini Kemendes PDTT agar mendukung wisata religi Salimbatu serta memfasilitasi pembangunan sarana dan pra sarana di Desa Salimbatu.

“Selamat datang kepada Menteri Desa, Berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara. Kami Masyarakat menyambut dengan gembira, ketemu langsung bisa bertatap muka. Kami berharap kepada Pak Menteri Desa, Bisa mengakomodir usulan-usulan dari desa kita, bisa ditingkatkan sarana dan prasarana, karena Salimbatu punya potensi wisata religinya pak ” sambungnya.

Menanggapi Ketua Adat Tidung, Gus Halim -sapaan akrab Abdul Halim Iskandar- siap mendukung Desa Salimbatu dijadikan sebagai objek wisata religi. Oleh karena itu, ia meminta kepala desa untuk mempersiapkan apa yang harus disiapkan untuk menjadi objek wisata religi.

“Saya sepakat Desa Salimbatu ini menjadi Desa Wisata Religi. Tentu berbagai hal yang harus dipersiapkan harus dilakukan oleh kepala desa selaku sistem pemerintahan dan pasti Kemendes PDTT akan memberikan dukungan atas upaya ini,” ujar Gus Halim

Gus Halim juga menuturkan, potensi yang dimiliki desa salimbatu ini dapat dikembangkan dengan paket-paket wisata yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan untuk mendapatkan pengalaman spiritual.

“Kemas paket-paket wisata semenarik mungkin, berikan kesan spiritual pada wisatawan, karena Salimbatu punya potensi untuk itu “ tambahnya.

Seperti diketahui kunjungan Mendes PDTT di Desa Salimbatu, disambut dengan prosesi adat tepung tawar. Ketua Adat Tidung, Ilhamsyah, dalam prosesi penyambutan adat tersebut, memercikkan air dan memberikan ikat kepala khas daerah Bulungan yang bernama Sesingal tidung diiringi dengan lantunan Sholawat.

Sebelum ke rumah Adat Tidung, Gus Halim beserta Ketua Adat dan rombongan menyempatkan untuk ziarah ke Makam Said Ahmad Al Maghribi, penyebar agama Islam pertama di Desa Salimbatu. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Solsel Susun Masterplan Geopark Menuju Nasional

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:20 WIB
X