Amankan Demo Ahok, Polisi Kerahkan 700 Personel Gabungan

- Kamis, 3 November 2016 | 23:54 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan menge­nai jadwal unjuk rasa ribuan ormas Islam atas dugaan penistaan Al-Qur’an yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Ahok, Jum’at (4/11), Polresta Pekanbaru bakal mengerahkan lebih dari 700 kekuatan personel gabungan. 

Unjuk rasa itu sendiri tak hanya digelar terpusat di Jakarta, tapi juga di beberapa daerah lain di Indonesia, termasuk di Pekanbaru. Mas­sa meminta agar Ahok bisa ditangkap dan diadili sesuai hukum yang berlaku. 

“Untuk jadwal penga­ma­nan demo besok, kita sudah siapkan lebih dari 700 per­sonel gabungan. Kita (Pol­resta Pekanbaru) akan di­bantu oleh personel dari Polda Riau,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Toni Hermawan kepada riau­ter­kini.com, Kamis (03/11/16). 

Menurut pamen yang tenar dengan sapaan Toher ini, ratusan personel itu akan disiagakan pula melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup. Khusus penga­manan secara tertutup, tugas tersebut diserahkan sepe­nuhnya kepada Sat Reskrim dan Sat Intelkam. 

Sementara itu, titik kum­pul massa sendiri bakal di­mulai dari Masjid Agung Annur dan selanjutnya ber­gerak menuju Mapolda Riau di Jalan Jenderal Sudirman. 

“Kita sama-sama ber­harap aksi unjuk rasa nanti tetap berjalan tertib dan kondusif. Mudah-mudahan tetap aman dan tidak ada aksi-aksi yang anarkis. Yang jelas, kita sudah siap menga­wal demo besok dengan ke­kuatan penuh,” tegasnya.

Keluarkan Surat Edaran

Sementara Plt Walikota Pekanbaru H Edward Sanger atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan surat edaran berupa himbau­an kepada masyarakat Kota Pekanbaru terkait aksi unjuk rasa dari elemen masyarakat dan Ormas Islam Jakarta, Jum’at (4/11). 

Surat bernomor 100/Pem-482/XI/2016 tanggal 3 November 2016 tersebut ber­isi tentang himbauan ke­pada elemen masyarakat dan ang­gota organisasi masya­rakat Islam untuk tidak mela­ku­kan tindakan anarkis dan me­­rugikan bangsa, negara dan daerah demi menjaga kon­­dusifitas Kota Pekan­ba­ru. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB
X