Sungai Nilo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

- Senin, 21 November 2016 | 00:12 WIB

PANGKALAN KERINCI HALUAN — Sungai Nilo di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, meluap dan merendam puluhan rumah milik warga. Akibatnya, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, meluapnya air Sungai Nilo terjadi sejak Jumat (18/11). “Hasil pantauan Sabtu (19/11) siang, setidaknya 30 rumah yang dihuni 88 jiwa ter­genang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Pelalawan, Hadi Pe­nandio, Minggu (20/11).

Dikatakannya, dari sekian puluhan rumah yang terendam tiga kepala keluarga (KK) me­ngungsi secara mandiri ke rumah kerabatnya dan selebihnya masih bertahan. “Sabtu (19/11) keting­gian air mencapai sekitar 10 sampai 20 centimter,” jelasnya.

Kemudian hasil pemantauan pada Sabtu malamnya, lanjutnya, luapan air setidaknya telah meren­dam 30 rumah. “Hari ini (kema­rin,red) air sudah turun, namun 19 rumah masih terendam. Sele­bihnya genangan hanya sampai halaman rumah, sebab sebagian besar rumah warga adalah pang­gung,” ujarnya.

Dilanjutkannya, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan (Diskes) untuk mendi­rikan posko kesehatan. Posko kesehatan tersebut, kata Hadi Penandio, akan diperuntukkan bagi masyarakat korban banjir. “Di posko, masyarakat korban banjir bisa mendapat pertolongan kesehatan,” jelasnya.

Jika kondisi makin membu­ruk, lanjutnya, pihaknya akan melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak ban­jir. “Kita imbau untuk dilakukan evakuasi, seperti kantor desa dan tempat yang lebih aman,” katanya lagi.

Hadi Penandio menam­bah­kan, hasil pantauan hari ini air sudah turun, namun 19 rumah masih terendam. Selebihnya gena­ngan hanya sampai halaman rumah, karena sebagian besar rumah warga adalah panggung. “Kita akan terus pantau kondisi­nya. Apalagi cuaca mendung sekarang,” ungkapnya. (h/nas/net)

Editor: Administrator

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB

Terpopuler

X