Destinasi Wisata Sungai Upang, Ada Ikan Pesut Raksasa

- Minggu, 5 Desember 2021 | 22:35 WIB
Sungai Upang di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, memiliki ikan pesut raksasa dan pulau anggrek. (Foto: MPI/Endang Kurniawan)
Sungai Upang di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, memiliki ikan pesut raksasa dan pulau anggrek. (Foto: MPI/Endang Kurniawan)


HARIANHALUAN.COM- Sungai Upang di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung miliki daya tarik keberadaan ikan pesut berukuran besar.

Sungai Upang memiliki panjang 10 kilometer berupa rawa-rawa yang menjadi habitat alami beberapa ikan, seperti pesut, kepuyu, kepatong, betok, sepat, aron, toman, tapah, keperas, baung, dan ikan buntal.

Sebagian dari ikan tersebut berada di akuarium kecil dekat sebuah saung. Para pelancong dipersilakan memancing di area ini.

Obyek utama konservasi di sana sejatinya bunga anggrek. Tak ayal, di tengah-tengah Sungai Upang terlihat sebuah pulau kecil bernama Pulau Anggrek yang berlokasi tepat di seberang dermaga Sungai Upang.

"Sungai Upang memiliki panorama alam yang indah dan akam dikembangkan sebagai kawasan biodiversitas pada 2022," ujar salah satu tokoh masyarakat Pulau Bangka, Emron Pangkapi.

Jika sudah diresmikan sebagai kawasan biodiversitas, pengelola akan mengedukasi pengunjung untuk menanam bibit tanaman disana.

Kealamian tempat ini juga ditawarkan sebagai paket wisata susur sungai. Pengunjung akan dibawa menyusuri sungai sepanjang 3 kilometer dengan tarif Rp 10 ribu per orang.

Pengunjung bisa menyusuri jalur apung hingga menuju ke ujung jalur tersebut untuk berfoto-foto sembari melihat luasnya Sungai Upang yang dikelilingi tanaman-tanaman tinggi. Pengelola juga menyediakan fasilitas menginap dengan tenda sederhana di bantaran Sungai Upang mulai dari Rp75 ribu.

Jika berminat menyusuri Sunga Upang, disarankan berangkat dari dermaga Sungailiat karena lebih dekat dibandingkan dari Pangkalpinang.

Jarak dari Sungailiat menuju Desa Tanah Bawah sekitar 54 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit menggunakan mobil. Sementara waktu tempuh menggunakan sepeda motor sekira 58 menit.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Celebrities.id

Tags

Terkini

Segini Tarif Hotel Ala Lego di Dubai

Sabtu, 15 Januari 2022 | 00:25 WIB

Liburan ke 3 Pantai Thailand Ini Bebas Karantina

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:15 WIB

Liburan Tahun Baru, Wisatawan Banjiri Pantai Kaur

Minggu, 2 Januari 2022 | 23:00 WIB
X