Condet Masih Kental Budaya Betawi Ditengah Kota Metropolitan

- Senin, 13 Desember 2021 | 19:03 WIB
(Foto: Dok. Kemenparekraf)
(Foto: Dok. Kemenparekraf)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Condet merupakan salah satu wilayah yang masih kental terhadap keasriannya dengan mempertahankan budaya Betawi meski berada di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

"Condet ini spesial banget. Ini adalah satu kawasan yang betul-betul melestarikan budaya dan mendorong produk ekonomi kreatif walaupun mereka ada di tengah-tengah kota metropolitan," kata Sandiaga dalam peresmian Desa Kreatif di Gedung Kesenian Condet, Jakarta Timur, Minggu 12 Desember.

Menurutnya, desa kreatif adalah sebuah kawasan yang terletak di wilayah administratif desa/ kelurahan yang masyarakatnya telah mengembangkan produk unggulan di satu atau lebih dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang memberikan nilai tambah dan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi desa.

Berdasarkan level pengembangannya, desa kreatif dibagi menjadi empat kategori yaitu inisiatif, produktif, inovatif dan berkelanjutan. Pembagian kategori ini berdasarkan beberapa indikator yaitu produk, pemasaran, sumber daya manusia, pendampingan dan kolaborasi, kelembagaan, infrastruktur, teknologi digital dan finansial.

Di wilayah DKI Jakarta, Condet yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini berhasil menjadi Desa Kreatif pertama yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ke depan, dengan terpilihnya Condet sebagai Desa Kreatif, Sandiaga berharap hal ini mampu menjadi penggerak kebangkitan ekonomi bagi warga sekitar. Terlebih di sana masih banyak produksi makanan dan kriya khas Betawi yang sudah mulai jarang ditemui.

"Ini adalah awal bagaimana kita menghadirkan peluang usaha dan lapangan kerja khususnya ekonomi kreatif," tandas Sandiaga. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X