Garap Potensi Pariwisata, Sumbar Bakal Kembangkan Wisata Pedesaan

- Rabu, 15 Desember 2021 | 19:28 WIB
Ilustrasi wisata Sumbar : Danau Laut Tinggal
Ilustrasi wisata Sumbar : Danau Laut Tinggal

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wisata tematik dan wisata pedesaan yang memilih penerbangan singkat dan pemilihan objek dan daya tarik yang bersih sehat aman dan ramah lingkungan adalah hal-hal yang perlu diwujudkan demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, H. Novrial, S.E., M.Ak. dalam Seminar Nasional dan Rapat Kerja Daerah Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Barat, di Aula Gedung C, Lantai 2, Kampus Politeknik Negeri Padang (PNP).

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Sumbar Hits dan Instagramable yang Asik untuk Dikunjungi

"Artinya, peningkatan jumlah wisatawan mungkin tidak akan terlalu menjadi tolak ukur namun wisatawan yang datang dan akan berbelanja lebih banyak, itu sejalan dengan misi Dinas Pariwisata Sumbar," terangnya semangat.

Arah pembangunan kepariwisataan Sumatera Barat adalah mencapai visi “Terwujudnya Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan”. Untuk mewujudkannya, misi Sumatera Barat adalah “Meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan”.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Sumbar Tersembunyi dan Unik yang Belum Banyak Diketahui

Keberhasilan misi tersebut bisa dikatakan tercapai terlihat dari terwujudnya Sumatera Barat sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional berbasis wisata halal dan eko wisata; yang terintegrasi dengan sektor jasa, UMKM, dan infra struktur; terwujudnya pengelolaan destinasi wisata berbasis partisipasi masyarakat; dan terwujudnya sinergi pemasaran dan pengelolaan kepariwisataan antarkabupaten/ kota.

Program unggulan kepariwisataan itu sendiri adalah membangun industri pariwisata melalui satu destinasi berkelas internasional dan 19 destinasi wisata unggulan.

Ada 4 sasaran yang dituju sektor kepariwisataan: peningkatan jumlah kunjungan wisatawan (siapa, dari mana, dan motifnya apa); peningkatan lama tinggal wisatawan (dimana, kenapa, dan bagaimana); peningkatan pengeluaran wisatawan (berapa, untuk apa, dan bagaimana); dan peningkatan jumlah usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (jumlah, kuantitas).

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X