Ada Desa Kobra Beneran, Berani Berkunjung?

- Selasa, 17 Desember 2019 | 15:27 WIB

BAN KOK SA-NGA, HARIANHALUAN.COM - Lagi ramai dan bikin takut soal ular kobra masuk ke pemukiman warga di Jakarta dan sekitarnya. Yang satu ini, dari namanya saja bisa bikin lebih ngeri: desa kobra!

Ban Kok Sa-Nga atau lebih dikenal cobra village alias desa kobra. Di sinilah tempatnya manusia dan ular hidup berdampingan.

Desa kobra ini berada di utara Thailand, tepatnya di Provinsi Khon Kaen. Kalau naik mobil dari Kota Bangkok butuh waktu sekitar 7 jam.

Bayangkan, 140 rumah di sana setidaknya memiliki 1 ekor ular kobra atau ular piton (kebanyakan ular kobra). Masyarakat di sana sudah hidup bersama ular sejak 60 tahun lalu.

Mengapa mereka hidup bareng ular?

Dilansir dari CNN, sudah 60 tahun lebih warga Ban Kok Sa-Nga sudah hidup bersama ular. Awalnya, mereka mau menghidupkan desa dengan pertunjukan ular kobra. Lewat pertunjukan seperti itu, tentu mereka bisa menghasilkan uang.

Namun seiring berkembangnya zaman, hal tersebut sudah tergerus. Tapi tetap saja, memelihara ular sudah menjadi hal yang biasa dan terus dilakukan oleh tiap generasi.

Bualee dikenal sebagai pawang ular paling senior di sana. Dia sudah 50 tahun bekerja sebagai pawang ular dan mengikuti tur ke Koh Samui, Phuket dan Krabi. Kepada CNN, dia menceritakan tentang kehidupannya sehari-hari.

"Saya sudah 21 kali digigit ular kobra," katanya sambil tertawa.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

20 Destinasi Wisata di Jawa Mulai Dibuka Tahap Ujicoba

Senin, 13 September 2021 | 17:56 WIB

Water Front City Sukses Dikelola Desa Rambai

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:01 WIB
X