Nol Covid-19! 10 Negara Ini Belum Ada Kasus Positif Corona Lho

- Senin, 24 Agustus 2020 | 19:20 WIB

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 telah menginfeksi hampir setiap negara di dunia. Setiap hari, kasus konfirmasi positif hingga meninggal terus bertambah dan menghancurkan perekonomian negara-negara itu.

Meski begitu, BBC mencatat ada 10 negara yang aman dan tidak memiliki kasus Covid-19 sama sekali. Jadi apa yang mereka lakukan kala banyak negara dilanda Covid-19?

Berikut negara-negara tanpa kasus Covid-19 yang tercatat menurut laporan BBC

Palau
Salah satu negara itu adalah Palau. Negara kecil yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata.

Pada 2019, 90.000 turis datang ke Palau, lima kali lipat dari total populasi. Pada 2017, data IMF menunjukkan, pariwisata menyumbang 40% dari PDB negara. Tapi hal itu terjadi sebelum Covid-19.

Perbatasan Palau, pada dasarnya, ditutup sejak akhir Maret. Ini adalah salah satu dari 10 negara di dunia tanpa kasus yang dikonfirmasi (tidak termasuk Korea Utara dan Turkmenistan).

Namun, tanpa menginfeksi satu orang pun, Covid-19 telah merusak perekonomian negara. Hotel terkemuka di sana, The Palau Hotel, telah ditutup sejak Maret lalu. Imbasnya, restoran-restoran kosong, toko-toko suvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel melakukan karantina

Mikronesia
Negara Federasi Mikronesia belum melaporkan satu pun kasus Covid-19. Sebelumnya, negara kepulauan itu telah melakukan langkah-langkah preventif dengan mendeklarasikan keadaan darurat pada akhir Januari 2020.

Kemudian, pada 14 Maret memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat, yakni melarang pelancong dari negara-negara dengan kasus Covid-19, Mikronesia juga melarang warga negara untuk bepergian ke luar negeri ke negara-negara yang ada kasus Covid-19.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

6 Pilihan Tempat Wisata yang Aman saat Pandemi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:25 WIB
X