Pantai Carocok dan Batu Tembak Painan Suguhkan Pemandangan Manjakan Mata

- Kamis, 20 Januari 2022 | 20:38 WIB
Pemandangan matahari terbenam di Painan, Pesisir Selatan (ist)
Pemandangan matahari terbenam di Painan, Pesisir Selatan (ist)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Keindahan langit wisata Pantai Carocok dan Batu Tembak Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Negeri berjulukan Negeri Sejuta Pesona, bila penghujung sore datang diwarnai pesona alam yang menakjubkan. Matahari terbenam merupakan satu di antara waktu yang kerap ditunggu banyak orang.

Dikala matahari akan turun ke peraduan, merupakan momen tepat untuk merenung dan mengagumi keindahan alam. Pemandangannya yang indah juga kerap menjadikan matahari terbenam sebagai satu di antara momen yang paling ditunggu.

Baca Juga: PKL Tak Boleh Tempati Area Dilarang Berdagang di Pantai Carocok Pesisir Selatan

Ya, keadaan saat matahari itu terbenam kerap kali memberikan ketenangan bagi orang yang letih setelah seharian bekerja, untuk mengobati lelah mental dan fisik yang mereka alami.

Ada banyak tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam, seperti pantai, pegunungan, dan perbukitan. Tak hanya keindahannya yang dapat kita nikmati, momen saat matahari terbenam juga dapat memberikan pelajaran mengenai kehidupan. Begitu banyak fenomena alam yang sering terjadi di sekitar kita. Salah satunya fenomena alam yang bisa ditemui di seluruh dunia, bahkan terjadi setiap hari yaitu Sunset. Sunset sangat disukai semua orang karena keindahan warna orange nya yang setiap sore mewarnai langit bumi pertiwi ini.

Baca Juga: Lapak PKL Carocok Painan Ditertibkan

Memang, munculnya Sunset dilangit sehingga tercipta warna dan corak yang menjadi begitu indah bila dipandangi. Tapi apasih Sunset itu? Sunset merupakan salah satu fenomena atau proses tenggelam nya matahari.

Matahari terbenam merupakan waktu dimana matahari menghilang dibawah garis cakrawala di sebelah barat. Kawasan wisata pantai Carocok Painan dan Wisata Pantai Batu Tembak mempunyai momen yang bagus untuk melihat matahari terbenam atau yang lebih sering disebut sunset. Matahari terbenam disebabkan karena adanya perputaran bumi pada porosnya atau pada umunya disebut rotasi bumi.

Lihat lah keatas, langit tampak berwarna merah sebelum gelap. Saat terbit dan terbenam matahari berada di posisi rendah, sinar matahari yang akan datang ke Bumi harus melewati atmosfer lebih banyak. Saat mengenai atmosfer, sinar matahari akan mengalami sebaran, sebaran ini sangat mempengaruhi spektrum warna biru yang ada di dalam sinar matahari. Akhirnya, sinar matahari sampai ke Bumi hanya yang berspektrum merah dan kuning.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X