Wisata Klenteng Tertua di Kota Padang, See Hin Kiong

Administrator
- Selasa, 29 Desember 2020 | 14:22 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pernah jalan-jalan menikmati kota tua yang ada di Kota Padang? Jika sudah, tentu tak asing lagi dengan klenteng See Hin Kiong. Klenteng yang berlokasi di Jalan Klenteng No. 312, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang itu merupakan klenteng tertua di Padang.

Selain menjadi klenteng tertua, See Hin Kiong juga merupakan klenteng pertama yang ada di Kota Padang. Klenteng yang berada di kawasan kota tua itu memiliki sejarah yang panjang. Didirikan pada tahun 1841, See Hin Kiong pernah mengalami kebakaran pada tahun 1861. 

Seksi Budaya Humas Kelenteng See Hin Kiong Padang Lie Fuk Thong mengatakan setelah terbakar pembangunan Klenteng See Hin Kiong dilakukan dari biaya yang dikumpulkan oleh masyarakat Pasar Tanah Kongsi. Setelah selesai dibangun, pada tahun 2009 terjadi gempa besar yang merobohkan klenteng tersebut.

"Setelah gempa, Pemda Padang menetapkan bahwa Klenteng See Hin Kiong tidak layak untuk digunakan. Maka pengurus dan umat bersama-sama membangun kembali klenteng di tempat yang tak jauh dari lokasi sebelumnya," katanya, Selasa (29/12).

Diresmikan kembali pada 30 Maret 2013, Klenteng See Hin Kiong yang memiliki dominasi warna merah ramai dikunjungi wisatawan. Namun, karena pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam kawasan klenteng.

"Untuk sekarang tidak boleh masuk dulu bagi yang tidak berkepentingan. Hanya untuk yang ingin sembahyang," ujar Lie Fuk Thong.

Sebelum pandemi terjadi, Klenteng yang berada di Tanah Kongsi tersebut ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat-lihat dan berfoto di sana. Pada saat perayaan Imlek, Klenteng See Hin Kiong akan sangat ramai dengan orang yang datang untuk menyaksikan aktraksi barongsai.

Menurut Lie Fuk Thong, sebenarnya klenteng sendiri bukan tempat wisata tapi masyarakat tetap datang untuk berfoto. "Sebenarnya klenteng ini bukan tempat wisata, makanya dibatasi agar pengunjung tidak masuk ke dalam. Ini tempat sembayang," tegasnya.

Meskipun begitu, masyarakatnyang datang dengan tertib tidak memasuki klenteng dan hanya berfoto di berbagai sudut di halamannya. Klenteng See Hin Kiong pada hari-hari biasa buka pukul 06.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB.(*)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X