Asita Sumbar Bidik 3 SMK Jadi Destinasi Wisata Potensial

- Jumat, 28 Januari 2022 | 02:15 WIB
Ilustrasi destinasi wisata
Ilustrasi destinasi wisata

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPD Asita Sumbar berkomitmen membangun pariwisata Sumbar bersama stakeholder baik pemerintahan maupun pelaku dan pegiat ekonomi.

Ketua DPD Asita Sumbar, Darmawi membidik satu sentral destinasi wisata Sumbar yang bergerak di bidang kesenian, kebudayaan, UMKM dan kerajinan daerah yg berada di satu titik sentral yaitu SMK 7, SMK 8 dan SMK 4.

"Dimana 3 SMK yang ada di Kota Padang ini berada di titik lokasi dan mempunyai unggulan daya tarik wisata untuk wisatawan," kata Darmawi, kepada Haluan.com di Padang.

Lebih jauh dirincikannya, di SMK 7 memiliki studio yang representatif untuk melaksanakan pagelaran kesenian budaya Minangkabau. Menurut Darmawi wisatawan yang masuk ke Sumbar harus disuguhkan dengan iven kebudayaan dan kesenian.

Kemudian di SMK 8 memiliki keunggulan di bidang kerajinan-kerajinan daerah yang ada di Sumbar.

"Kerajinan ini bagian dari kebutuhan pelaku pariwisata untuk lebih jauh memperkenalkan kerajinan di Sumbar," tuturnya.

Kemudian SMK 4 memiliki keunggulan berbagai seni lukis, seni karya, seni patung, seni pahat. Selain itu juga mempunyai satu galeri yang perlu diperlihatkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Sumbar.

"Tiga sekolah ini adalah kita jadikan titik sentral destinasi pariwisata sumbar yang berkunjung ke Sumbar," ucapnya.

Sebelumnya Darmawi mengkategorikan pariwisata sumbar ada empat bagian. Pertama, pariwisata alam seperti bentang alam yang potensial sejak mulai perbatasan dengan provinsi tetangga Jambi, Riau, Sumut, Bengkulu. Juga di Mentawai wisata surfing yang juga bagian wisata alam.

"Semua potensi alam kita sangat memukau yang dapat dinikmati oleh wisatawan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

X