Hari Raya Nyepi, Taman Nasional Bromo di Tutup Sementara dari 3-4 Maret 2022

- Selasa, 1 Maret 2022 | 17:35 WIB
Balon udara ala Cappadocia di Bromo (Instagram @wanjodirushartanto)
Balon udara ala Cappadocia di Bromo (Instagram @wanjodirushartanto)

HARIANHALUAN.COM - Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) akan menutup sementara wisata Gunung Bromo baik pendakian ataupun kunjungan wisata.

Penutupan itu diketahui akan berlangsung pada Kamis (3/3/22) hingga hari Jumat (4/3/22).

Dilansir harianhaluan.com dari pmjnews.com Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani mengungkap, kebijakan itu dikeluarkan dengan memperhatikan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor 107/Pem/PHDI-KAB/II/2022 tanggal 24 Februari 2022 perihal pemberitahuan serta hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger.

Baca Juga: Objek Wisata Gunung Bromo Diserbu Pengunjung, Tercatat 3.901 Orang

"Maka dari itu wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai hari Kamis pukul 00.00 WIB sampai Jumat, pukul 05.00 WIB," terang Novita dalam siaran pers, Selasa (1/3/22).

Kemudian, Novita menambahkan, penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo itu dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi Tahun 1944 Saka/2022 Masehi, atau Pergantian Tahun Baru Saka.

"Penutupan wisata Gunung Bromo tersebut ditetapkan di sejumlah jalur pintu masuk. Seperti, jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Kemudian, jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, serta dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang," ungkapnya. 

Baca Juga: Viral, Netizen Ramai-Ramai Hujat Sumatera Barat, Begini Kritikan Pedas Ketua GP Ansor 

Untuk informasi tambahan, Hari Raya Nyepi merupakan perayaan atas tahun baru Saka dalam kalender Saka yang digunkan umat Hindu sebagai acuan penanggalan. Melalui Nyepi, umat Hindu biasanya menggelar serangkaian upacara adat.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X