Lindungi Danau Singkarak, KPK Gandeng Pemkab Solok dan Kementerian Agraria

- Kamis, 17 Maret 2022 | 09:38 WIB
Indahnya danau Singkarak.
Indahnya danau Singkarak.

HARIANHALUAN.COM - Danau Singkarak di Provinsi Sumatera Barat, merupakan kekayaan negara yang masuk dalam 15 danau prioritas nasional yang harus diselamatkan dari penyalahgunaan fungsi danau.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) serta Pemerintah Kabupaten Solok .  Kerjasama itu dilakukan  untuk mengembalikan fungsi Danau Singkarak. Ini bagian dari program penyelamatan danau prioritas.

Baca Juga: Gebuki Penista Agama M Kece, Irjen Napoleon Mulai Jalani Persidangan

"Di antaranya dengan menetapkan bangunan yang sudah berdiri di area danau dalam status quo atau tidak boleh diubah dan membongkarnya secara bertahap," kata Kasatgas Pencegahan Direktorat Korsup Wilayah IV KPK Wahyudi, dilansir Medcom.id, Kamis, 17 Maret 2022.

Menurut Wahyudi, hingga saat ini KPK telah menerima 122 laporan dugaan pelanggaran terkait penyalahgunaan fungsi Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumbar.

"Pelanggaran itu dengan mengubah bibir atau sempadan danau hingga menimbun perairannya untuk dijadikan beragam jenis bangunan atas kepentingan pribadi," ujarnya.

Wahyudi menegaskan Danau Singkarak sebagai kekayaan negara harus diamankan dari upaya-upaya pengambilalihan segelintir pihak tak bertanggung jawab. Sanksi tegas bakal diterapkan.

Pihaknya, kata Wahyudi berharap dari apa yang dilakukan ini, aparat hukum juga ikut terlibat. Diperlukan adanya upaya-upaya persuasif untuk penyelamatan kekayaan negara atau daerah.

Baca Juga: Robohnya Pasar Logas, Ratusan Pedagang Kecil Merugi

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X