Sah! Candi Borobudur Sudah Digunakan Umat Hindu Budha untuk Ritual Keagamaan

- Sabtu, 2 April 2022 | 12:09 WIB
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ilustrasi (belantaraindonesia.blogspot.com)
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ilustrasi (belantaraindonesia.blogspot.com)

HARIANHALUAN.COM - Candi Borobudur dan Candi Prambanan merupakan aset peninggalan leluhur bangsa dan saat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan asing maupun lokal.

Kabar baiknya, umat Hindu dan Budha telah memanfaatkan penggunaan dua candi yang terletak di Jawa Tengah itu untuk kegiatan keagamaan atau ritual agama Hindu dan Budha.

"Hari ini kita berbahagia. Ini menjadi momentum Doa Kebahagiaan yang pertamakali di candi Borobudur, semoga membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia," kata YM Bhikkhu Dittishampanno, di Borobudur, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Simpanan Nasabah Raib Miliaran dari Bank, Pihak BNI: Pengembalian Mengacu Audit

Diketahui, Pemerintah telah menyepakati pemanfaatan Candi Prambanan dan Borobudur untuk kegiatan keagamaan umat Hindu dan Buddha se-dunia pada 11 Februari 2022. 

"Doa Kebahagiaan ini kita lakukan bersama ratusan umat Buddha," ujarnya dilansir Harianhaluan.com dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag).

YM Bhikkhu Dittishampanno menyampaikan bahwa doa kebahagiaan pagi ini terpusat di Candi Borobudur, dengan rangkaian dimulai dari Candi Mendut, Candi Pawon, dan berakhir di Candi Borobudur

Baca Juga: Pesona Bali, Presiden Rusia Putin Berencana ke Indonesia Hadiri Puncak KTT G20

"Kita melakukan penghormatan. Dan mendukung program pemerintah, khususnya menjadikan Borobudur sebagai destinasi wisata religi," ujar YM Bhikkhu Dittishampanno.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X