Festival Pesona Danau Maninjau 2022 Dibuka Dengan Arak-arakan Jamba Bundo Kanduang

- Kamis, 28 Juli 2022 | 11:42 WIB
Para bundo kanduanh Kabupaten Agam berbajalan membawa jamba pada pembukaan Fesrival Pesona Danau Maninjau 2022
Para bundo kanduanh Kabupaten Agam berbajalan membawa jamba pada pembukaan Fesrival Pesona Danau Maninjau 2022

HARIAN HALUAN - Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022, diawali dengan arak-arakan jamba, yang dibawa oleh Bundo Kanduang dari OPD di lingkup Pemda Agam, pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Nagari di Tanjung Raya di Objek Wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Rabu 27 Juli 2022.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), terlihat puluhan jamba dibawa oleh bundo kanduang dengan cara dijunjuang dan arak-arakan tersebut diiringi dengan tambua tansa yang dimainkan oleh anak nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya.

Arak-arakan jamba tersebut dimulai dari gerbang masuk objek wisata Linggai Park menuju pusat acara didalam objek wisata tersebut,

Baca Juga: Festival Pesona Danau Maninjau Kabupaten Agam Resmi Dibuka

Kabit Pemuda Disparpora Agam, Aliyas mengatakan, total jumlah jamba yang dibawa oleh Bundo Kanduang sebanyak 33 buah.

Dirincikan, dari 33 jamba tersebut, 26 jamba diantaranya dari OPD, 1 jamba dari Kecamatan Tanjung Raya dan 6 jamba dari utusan nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya.

“Parade arakan jamba merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari pertama pembukaan,” ujarnya.

Baca Juga: Menjelang Magang, Mahasiswa UIN Sjech M Djamil Djambek Dimotivasi Bupati Agam

Bersumber dari Wikipedia, arak bajamba adalah tradisi masyarakat Minangkabau Sumatera Barat. Arak bajamba yang bisa disebut juga tradisi arak-arakan membawa masakan tradisional oleh masyarakat, yang akan disajikan pada saat acara besar dan acara adat , seperti acara pengangkatan datuk / pemimpin adat, serta pada saat penyambutan tamu-tamu adat yang datang berkunjung kedaerah Minangkabau dan disambut dengan duduk bersama sembari menikmati masakan-masakan adat dari daerah tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

Solsel Susun Masterplan Geopark Menuju Nasional

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:20 WIB
X