Gubernur Sumbar: Hoyak Tabuik Festival Terbesar di Bibir Samudera Hindia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:04 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, tamu undangan sangat menikmati Budaya Tabuik kearifan lokal dari Pariaman ini dan juga seluruh pengunjung di Pantai Gandoriah Pariaman, Minggu, 14 Agustus 2022.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, tamu undangan sangat menikmati Budaya Tabuik kearifan lokal dari Pariaman ini dan juga seluruh pengunjung di Pantai Gandoriah Pariaman, Minggu, 14 Agustus 2022.

HARIAN HALUAN - Ratusan ribu masyarakat tumpah ruah berdatangan ke kota Pariaman untuk menyaksikan Pesona Tabuik pesta budaya anak nagari Pariaman itu. Sebelum Tabuik dibuang kelaut nampak ditampilkan berbagai kesenian anak nagari.

Terlihat sekali Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, tamu undangan sangat menikmati Budaya Tabuik kearifan lokal dari Pariaman ini dan juga seluruh pengunjung di Pantai Gandoriah Pariaman, Minggu, 14 Agustus 2022.

Baca Juga: Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 Segera Digelar

Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman ini sempat terhenti selama dua tahun di pesisir Pariaman dari aktivitas wisata, disebabkan oleh pandemi Covid-19

Menurut Gubernur Sumbar, sebelum Pandemi sekitar 3,1 juta wisatawan domestik dan hampir seribu wisatawan mancanegara mengunjungi Pariaman setiap tahunnya. Karena pandemi, jumlah kunjungan itu menurun drastis hingga 20 kali lipat.

"Setelah pandemi, acara festival Tabuik ini perdana kita selenggarakan. Jujur acara ini sama-sama kita rindukan. Apalagi festival Tabuik terbesar di pesisir barat pulau se Sumatera," sebut Mahyeldi.

Baca Juga: Sempat Terhenti Setahun, Kini Pembangunan Trotoar Simpang Tabuik Pariaman Dimulai Kembali

Jadi bukan di pesisir Sumatera Barat saja, melainkan pesisir barat Pulau Sumatera. Festival budaya terbesar di tepi bibir Samudera Hindia.

Oleh karena itu, mari kita jadikan momen ini sebagai momen kebangkitan pariwisata kita, Kota Pariaman khususnya, dan Sumatera Barat umumnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X