Teh Talua Bakal Catatkan Rekor MURI dalam Rangka Peringatan Hari Ayam dan Telor Nasional

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 12:34 WIB
Lomba membuat Teh Talua
Lomba membuat Teh Talua

HARIAN HALUAN - Proses pembuatan minuman Teh Talua (telur) dengan jumlah peserta terbanyak sebagai salah satu minuman khas Sumatera Barat (Sumbar) bakal dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) 2022 dalam rangka hari Ayam dan Telur Nasional.

"Tujuannya dalam rangka mempopulerkan minuman khas Sumbar dan keunikan dalam pembuatannya. Dulu konon minuman ini untuk jamuan para tamu raja-raja di Minangkabau," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumbar, Erinaldi, Sabtu 20 Agustus 2022.

Sehingga, pihaknya dalam rangka mempersiapkan hal itu juga dilakukan lomba membuat minuman teh talua dilingkungan pegawai DPKH pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Catat! Berikut Tips Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Menurut Ahli Peternakan UGM

Juri dalam lomba membuat Teh Talua, Nirmala Puspita Dewi menyatakan minuman ini memanfaatkan protein hewani dengan harga murah dan banyak manfaat.

"Jadi kalau ada wisatwan datang bagusnya disuguhi teh talua, sekaligus melanjutkan budaya," lanjutnya.

Pihaknya menyatakan bahwa pelaksanaan lomba pembuatan teh talua dalam mencatatkan rekor MURI nantinya bakal digelar di Bukittinggi sekitar Oktober 2022. 

"Pelaksanaan pada momentum peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional 16 Oktober dengan melibatkan sekita 1.000 orang peserta," ujarnya.

Baca Juga: KKP Gagalkan Aksi Jual Beli Telur Penyu Melalui Grup Medsos

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X