Bangkitkan Ekonomi Nagari bersama Kemenparekraf, ADKI Registrasi 116 Nagari Wisata di Sumbar

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 15:29 WIB
Pacu jawi menjadi atraksi wisata untuk menarik minat wisatawan ke Ranah Minang
Pacu jawi menjadi atraksi wisata untuk menarik minat wisatawan ke Ranah Minang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Di Tengah tingginya Postive Rate Covid- 19 dan dibatasinya mobilitas, menjadi pukulan telak bagi dunia Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Berbagai cara dilakukan Pemerintah untuk mebangkitkan dunia pariwisata & ekonomi kreatif.

Salah satu dari sekian banyak program yang diapungkan adalah pengembangan desa wisata oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI. Dalam hal pengembangan desa wisata ini, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, komunitas, terkhusus masyarakat desa wisata itu sendiri.

Sebaliknya, masyarakat desa tidak bisa dibiarkan bergerak sendiri tanpa dukungan dari pemerintah. Sebagai salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia, pemerintah menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia yang secara resmi ditutup 16 Juli 2021, Asosiasi Desa Kreatif Indonesia sebagai salah perkumpulan yang mendukung penuh program Desa Wisata Kemenparekraf telah melakukan pendampingan dan mendaftarkan 174 Desa Binaan yang tersebar di 6 Provinsi Utama, antara lain Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Ketua Umum Asosiasi Desa Kreatif Indonesia, Fikri El- Aziz menyampaikan bahwa ADKI mendukung penuh langkah Kemenparekraf RI dalam mengembangkan Desa Wisata sebagai Program Utama yang mendukung pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi di desa di masa Pandemi Covid-19

“ADKI telah mendukung penuh program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), dengan mendaftarkan 174 Desa Wisata yang tersebar di Indonesia. Sumatera Barat terbanyak dengan 116 Desa, dengan konsentrasi Penuh di Kabupaten Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Tanah Datar, dan Agam.”

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia diharapkan mampu mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Di waktu terpisah, dalam pertemuan khusus dengan Pengurus ADKI, Bupati Agam Andri Warman menyampaikan mendukung penuh langkah- langkah strategis ADKI Sumatera Barat, khususnya Kab. Agam dalam melakukan pelatihan & pendampingan desa wisata/ desa kreatif di Nagari- Nagari yang berada di Kabupaten Agam.

Dukungan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman Program Desa Kreatif Terpadu antara ADKI dan Kabupaten Agam yang telah disampaikan dan diterima oleh Bupati Agam secara langsung, dan disaksikan secara virtual oleh Menparekraf RI.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

20 Destinasi Wisata di Jawa Mulai Dibuka Tahap Ujicoba

Senin, 13 September 2021 | 17:56 WIB

Water Front City Sukses Dikelola Desa Rambai

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:01 WIB

Bupati Alfedri: Ayo Vote Siak The Truly Malay

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 03:35 WIB
X