Keren! Sungai Batang Tanjung Raya Lolos Nominasi ADWI 2021

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 19:38 WIB
Nominasi ADWI
Nominasi ADWI

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masuk ketahapan 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Selasa (24/8/2021).

Nagari Sungai Batang menjadi satu dari empat nagari di Sumatera Barat yang bakal memperebutkan predikat bergensi dari ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Syatria menyebut, dari 1.400 desa se- Indonesia yang berkompetisi, mengerucut menjadi 300 besar, lalu 100 besar hingga terpilih 50 besar.

Di Sumbar, katanya, ada empat desa yang lolos ke babak 50 besar. Selain Nagari Sungai Batang di Agam, ada Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu, Tanah Datar. Desa Wisata Seribu Gonjong, Lima Puluh Kota dan Desa Apar, Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, Sungai Batang lolos hingga ke tahap nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, dengan satu-satunya perwakilan Agam itu, pihaknya berharap dukungan penuh dari masyarakat. Selain itu, jajaran OPD di Kabupaten Agam bisa lebih fokus menghantarkan Nagari Sungai Batang ke puncak klasemen.

“Kemudian dengan dukungan penuh Bapak Bupati Agam, Andri Warman dan seluruh OPD yang ada, kita optimis meraih predikat pada kompetisi Desa Wisata di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini,” ujarnya.

Agar persiapan lebih maksimal ulas Syatria, pihaknya akan menindaklanjuti untuk memperkuat Tim Pokdarwis dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Sungai Batang.

Menurutnya, banyak penggerak yang telah melakukan aksi beberapa tahun ini, selain pokdarwis. Seperti Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Tanjung Raya yang binaan langsung Camat Tanjung Raya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

Terpopuler

X