Pariwisata Jadi Sektor Paling Terdampak Pandemi Covid-19

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:03 WIB
Akses menuju Pantai Padang kini telah dibuka. Para pengunjung maupun warga sekitar bebas melakukan mobilitas di kawasan tersebut.
Akses menuju Pantai Padang kini telah dibuka. Para pengunjung maupun warga sekitar bebas melakukan mobilitas di kawasan tersebut.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian mengatakan pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ditengah Lesunya Industri Pariwisata, Sumbar Perkuat SDM dan Benahi Objek Wisata

Arfian mengatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh dari kepariwisataan sebelum pandemi bisa mencapai 100 miliar. Sementara saat pandemi mulai melanda Tanah Air, jumlah tersebut turun hampir setengahnya. 

"Pariwisata itu sebetulnya bagaimana kita 'menjual' Kota Padang, orang datang ke Padang sehingga menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah. Tapi karena pandemi tentu orang tidak boleh datang," katanya, Selasa (24/8/2021). 

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Pemkab Pesisir Selatan Optimalkan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

Tren penurunan sektor pariwisata sudah mulai terlihat sejak PSBB tahun 2020. Saat itu, kata Arfian tidak ada kegiatan wisata yang bisa dilakukan. Kemudian masuk ke masa PPKM level 4 yang mengharuskan objek wisata ditutup. 

"Sampai hari ini Kota Padang masih PPKM level 4. Makanya ini menjadi problem bagi kita bagaimana sektor pariwisata ini bisa kembali. Begitulah keterpurukan pariwisata di tengah pandemi," katanya. 

Arfian mengatakan meski di tengah pandemi, Dinas Pariwisata Kota Padang terus melakukan terobosan baru. Salah satunya mengemas pariwisata virtual. Destinasi wisata yang ada di Kota Padang diliput dan dijual melalui website Dinas Pariwisata dan media sosial. 

Dinas Pariwisata Kota Padang pun telah berencana menggelar sejumlah acara apabila kondisi pandemi bisa dikendalikan. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

Terpopuler

X