Sandiaga Uno di Apar Pariaman: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 22:05 WIB
Sesampainya di desa Apar Menteri Sandiaga Uno naik bendi
Sesampainya di desa Apar Menteri Sandiaga Uno naik bendi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman, di kawasan Hutan Mangrove desa tersebut, Jumat (27/8/2021).

Kunjungan itu sekaitan Penilaian 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 dan yang pertama dikunjugi Menparekraf) RI.

Kedatangan menteri disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, beserta Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

“Kami bersama dengan Tim Penilai ADWI 2021 dari Kemenparekraf, khusus datang ke Kota Pariaman dalam kunjungan dan penilaian yang pertama di Sumbar," kata Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Dimana Sumbar menjadi yang terbanyak mengirimkan desa wisata dalam 50 besar ADWI 2021 yaitu 4 desa.

Empat desa wisata tersebut yaitu Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Kampung Minang, Sumpu, Kabupaten Tanah Datar. Kemudian, Desa Wisata Seribu Gonjong di Limapuluh Kota dan Desa Wisata Apar di Kota Pariaman. 

Disebutkan Menparekraf, ada 70 ribu desa di Indonesia yang masuk ke dalam ADWI 1.831 desa kini yang sudah berada  50 besar, salah satunya Desa Apar Kota Pariaman. 

Di Desa Apar, menteri melihat beberapa kegiatan antara lain melihat atraksi beruk memetik kelapa, anak penyu, mahelo pukek dan menanam mangrove, juga menelusuri trek mangrove, hingga melihat pameran industri kecil menengah. 

Selain mengapresiasi desa-desa wisata tersebut, kedatangan Menparekraf ke Sumbar untuk mengkoordinasikan kebangkitan pariwisata untuk menggerakkan perekonomian. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

NDC Unand Pacu Kemajuan Kepariwisataan sungai Pinang

Selasa, 28 September 2021 | 02:34 WIB

Terpopuler

X