Direktur PNP Beberkan Kiat jadi Mahasiswa Berprestasi

- Senin, 6 September 2021 | 06:44 WIB
Direktur PNP, Surfa Yondri.
Direktur PNP, Surfa Yondri.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menjawab pertanyaan Ayu dari Jurusan Administrasi Niaga tentang bagaimana menjadi mahasiswa berprestasi, Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri menanggapi dengan semangat.

Menurut Surfa Yondri, hal itu bisa diwujudkan dengan kerja keras, belajar, buka diri untuk bersosialisasi dan bersilaturahim dengan orang lain, serta ikuti kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Baca Juga: PNP Kirim Dosen Spesialis, Percepat SMK Sumatera jadi Pusat Keunggulan

"Di samping itu, suatu hal yang harus diingat, IPK tinggi tak menjamin kesuksesan jika tak disertai kecerdasan emosional untuk melakukan hal-hal yang telah disebutkan tadi," tekannya dilansir dari laman resmi pnp.ac.id, Senin (6/9).

Direktur juga menyinggung nama mahasiswa berprestasi, seperti Vira Maulina, Juara Pertama Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Nasional 2015 dan setelah melanjutkan pendidikan S-2 menjadi dosen di Politeknik Negeri Padang dan Riandika Rianza, Mahasiswa Berprestasi Peringkat 2 Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud RI.

Baca Juga: Prodi Administrasi Niaga PNP Dapat Hibah Competitive Fund Rp958 Juta

Alumni Politeknik Negeri Padang yang bekerja di luar negeri sangat banyak, jawabnya terhadap pertanyaan mahasiswa D3 Jurusan Teknik Elektro. Komunikasi mereka dengan almamater sering dilakukan secara online via zoom meeting. Misalnya dengan alumni yang berdomisili atau bekerja di Uni Emirat Arab, Abudabi, Australia, dan Malaysia. Selain itu juga dengan alumni yang menjadi pengusaha dan mempekerjakan banyak orang.

Namun demikian, Surfa Yondri menilai, kondisi pandemi yang memasuki tahun kedua ini, merupakan tantangan berat bagi lulusan baru Politeknik Negeri Padang karena mereka bersaing dengan karyawan yang di-PHK sebagai dampak buruk pandemi dan karyawan yang sudah berpengalaman karena sudah dahulu tamat dan memiliki pengalaman kerja.

"Oleh karena itu cara memenangkan kompetisi ini adalah dengan menanamkan pemahaman selagi mereka menjadi mahasiswa untuk punya karakter yang baik. Karena mereka memasuki lapangan kerja dalam kondisi yang masih fresh, masih bisa dibentuk, sehingga perusahaan yang menerima mereka juga akan senang dan tak kewalahan," tukasnya. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X