Hari Kesaktian Pancasila Tanggal 1 Oktober: Ketahui Sejarah dan Maknanya

- Selasa, 7 September 2021 | 14:07 WIB
Monumen Pancasila Sakti (Ruswanti)
Monumen Pancasila Sakti (Ruswanti)

Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari peringatan keberhasilan bangsa mempertahankan ideologi Pancasila sekaligus penghormatan atas gugurnya enam jenderal dan satu perwira dalam peristiwa G30S/PKI.

Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertahankan ideologi negara. Perjuangan para pahwalan terdahulu perlu diingat oleh setiap generasi penerus sebagai cermin dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenail Hari Kesaktian Pancasila, simak penjelasan mengenai sejarah dan makna Hari Kesaktian Pancasila berikut ini.

  1. Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari peristiwa G30S/PKI pada tanggal 1 Oktober 1965. Hari Kesaktian Pancasiala berhubungan dengan upaya untuk menumpas pemberontakan G30S/PKI yang terjadi pada masa itu.  Peristiwa tersebut melibatkan Satuan RPKAD di bawah pimpinan Kolonel Sarwo Edhi Wibowo yang kembali merebut Gedung RRI dan Kantor Pusat Telekomunikasi. Namun, tujuh perwira diculik dan dibunuh di malam pergantian waktu antara 30 September ke 1 Oktober tahun 1965.

Terdapat 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur dalam peristiwa G30S/PKI. Ketujuh perwira tersebut adalah sebagai beriktut.

  1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  2. Mayor Jenderal R Suprapto
  3. Mayor Jenderal MT Haryono
  4. Mayor Jenderal Siswondo Parman
  5. Brigadir Jenderal D I Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo
  7. Lettu Pierre Andreas Tendean

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini terjadi pada masa Orde Baru. Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Dalam surat tersebut, disebutkan peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan TNI Angkatan Darat dan dilanjutkan adanya usul dari Menteri/Angkatan Kepolisian. Peringatan upacara 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali selama Orde Baru dan diperingati hingga saat ini.

  1. Makna Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Makna Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari yang mana selruh anggota serta pejabat tentara Indonesia atau TNI berduka. Hal ini dalam rangka memperingati gugurnya para perwira TNI pada peristiwa G30S/PKI.

Penghormatan ini sebagai salah satu makna Kesaktian Pancasila. Setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah memperjungkan Kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini ringkasan makna Hari Kesaktian Pancasila:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X