Makna, Fungsi, dan Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

- Selasa, 7 September 2021 | 17:34 WIB
Makna, Fungsi, dan Kedudukan Pancasila  (Ruswanti)
Makna, Fungsi, dan Kedudukan Pancasila (Ruswanti)

Istilah Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna filosofis karena menjadi filosofische gronslag, yakni falsafah atau pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah cara pikir, cara bertindak, dan cara hidup bangsa Indonesia. Hal ini juga meneguhkan pengertian Pancasila sebagai dasar dan tujuan bangsa Indonesia.

Dalam Buku Ajar Pendidikan Pancasila karya Irwan Gesmi dan Yun Hendri, Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa serta bernegara bagi rakyat seluruh Indonesia.

Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yakni panca yang berarti lima dan Sila yang berarti dasar. Sehingga pancasila adalah lima dasar negara Indonesia.

Pancasila mempunyai dua fungsi pokok, yakni sebagai pandangan hidup dan dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan negara, terutama segala peraturan perundangan termasuk proses reformasi, dijabarkan dalam nilai Pancasila. Dengan demikian,  Pancasila sebagai dasar negara juga diartikan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau tata tertib hukum Indonesia. Pancasila tercantum ke dalam ketentuan tertinggi, yakni pembukaan UUD 1945.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Pancasila sebagai dasar negara, berikut ini pembahasan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Repubulik Indonesia.

Makna Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Melansir dari buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara karya Ronto, Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna sebagai berikut.

1. Sebagai dasar dalam menata negara yang merdeka dan berdaulat.

2. Sebagai dasar mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa. Sehingga akan tercapai tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4.

3. Sebagai dasar, arah, dan petunjuk aktivitas perikehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Berikut ini fungsi Pancasila sebagai dasar negara:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X