Mengenal Ideologi dan Demokrasi Pancasila

- Selasa, 7 September 2021 | 20:38 WIB
Ideologi dan Demokrasi Pancasila (Ruswanti)
Ideologi dan Demokrasi Pancasila (Ruswanti)

Ideologi Pancasila

Asal kata ‘ideologi’ berasal dari bahasa Yunani, yaitu idea dan logos. Idea memiliki arti ide, gagasan, buah pikir, atau konsep. Sedangkan, logos adalah hasil pemikiran atau ilmu. Secara bahasa, ideologi adalah ilmu yang mempelajari tentang asal mula, hakikat buah pikir atau gagasan. Ideologi disebut a system of ideas yang mengatur seluruh hasil pemikiran tentang kehidupan dan melengkapi dengan sarana, kebijakan serta strategi. Tujuan yang ingin dicapai menyesuaikan dengan kenyataan nilai-nilai dalam sumber filsafat. Oleh karena itu, ideologi merupakan hasil pemikiran mengenai nilai-nilai tertentu demi mencapai sebuah tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Dalam konsep negara, ideologi adalah identitas. Ideologi berkedudukan sentral bagi setiap bangsa. Fungsi ideologi digunakan fondasi identitas masyarakat, sumber wawasan dan makna bagi rakyat, pedoman dan pembimbing bagi rakyat dalam mencapai tujuan.

Ideologi Pancasila berarti bahwa bangsa Indonesia memiliki identitas negara berupa Pancasila. Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya berkedudukan sentral bagi setiap bangsa dan berfungsi untuk fondasi identitas masyarakat, sumber wawasan dan makna bagi rakyat, pedoman dan pembimbing bagi rakyat dalam mencapai tujuan Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia harus dijadikan pedoman. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap sila Pancasila harus dipahami dan digunakan sebagai penyaring kebudayaan asing yang masuk. Sehingga, arus globalisasi yang masuk ke negara ini dapat difilter oleh Pancasila.

Kedudukan Ideologi Pancasila

Ideologi bangsa Indonesia adalah ideologi Pancasila. Ideologi ini dirumuskan pertama kali di rapat Panitia Sembilan oleh Ir. Soekarno. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila sendiri memiliki kedudukan sebagai berikut.

  1. Jiwa bangsa Indonesia.
  2. Ciri pribadi bangsa Indonesia.
  3. Pedoman hidup bangsa Indonesia.
  4. Dasar negara Indonesia.
  5. Sumber dari segala hukum.
  6. Perjanjian yang luhur ketika negara Indonesia didirikan.
  7. Tujuan atau cita-cita bangsa.

Makna Pancasila sebagai Ideologi Pancasila

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki makna yang dalam seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan acuan dalam mencapai cita-cita yang berkaitan dengan aktivitas kehidupan bernegara.
  2. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai kesepakatan bersama dan sarana pemersatu bangsa.

Fungsi Ideologi Pancasila

Halaman:

Editor: Ruswanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X