Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi Ilmiah

- Rabu, 8 September 2021 | 11:42 WIB
Teks Eksplanasi Ilmiah (Ruswanti)
Teks Eksplanasi Ilmiah (Ruswanti)

Terdepat berbagai macam jenis teks karangan. Salah satunya, jenis teks eksplanasi ilmiah. Teks jenis ini bukan fiksi atau karangan belaka, melainkan membahas hal-hal yang bersifat ilmiah atau fakta empiris.

Tujuan teks eksplanasi ilmiah, yaitu untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tentang proses kejadian ilmiah yang disusun berdasarkan sebab-akibat. Meskipun demikian, teks eksplanasi ilmiah tidak dibuat untuk memengaruhi pembaca agar percaya terhadap topik yang dibahas.

Berikut ini pembahasan teks eksplanasi ilmiah, mulai dari pengertian, struktur, dan contohnya.

Pengertian Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam atau sosial. Mengutip buku Arif Cerdas SD/MI Kelas 6 oleh Tim Arif (2019), teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang menjelaskan suatu proses tentang ilmu pengetahuan alam. Misalnya, tentang gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Dalam teks eksplanasi ilmiah terdapat istilah atau bahasa ilmiah yang digunakan. Sifatnya informatif, tetapi tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca agar percaya terhadap hal yang dibahas.

Struktur Teks Eksplanasi Ilmiah

Mengutip dari buku Super Complete SD/MI 4-5-6 karya Meity Mudikawaty, S.Pd., dkk (2018). Berikut ini struktur teks eksplanasi ilmiah.

  1. Pernyataan Umum

Berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas. Biasanya, penjelasan ini meliputi proses keberadaannya, proses terjadinya, hingga proses terjadinya fenomena tersebut. Pernyataan umum harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas sehingga mampu menarik minat pembaca untuk membaca secara detail.

  1. Deret Penjelas atau Urutan Sebab-Akibat

Deret penjelas merupakan jawaban dari pertanyaan ‘bagaimana’. Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai proses keberadaan hingga proses terjadinya suatu fenomena yang menjadi topik utama teks tersebut.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Musik Gamelan Khas Indonesia

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:47 WIB

Angka dalam Bahasa Korea dan Sistemnya

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:31 WIB

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Jawa

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:57 WIB

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Arab

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:59 WIB

12 Macam Senjata Milik Tokoh Pewayangan

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:19 WIB
X