Dukung Perkembangan Literasi, EF Kids and Teens Gelar Kompetisi Menulis Terbesar

- Rabu, 15 September 2021 | 12:02 WIB
EF Kids and Teens Adakan Kompetisi Menulis Terbesar
EF Kids and Teens Adakan Kompetisi Menulis Terbesar


 
JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Salah satu topik yang hangat dibicarakan oleh banyak orang, terutama di dunia Internet, adalah mengenai kurangnya minat membaca serta menurunnya tren literasi generasi muda di Indonesia.

Pada tahun 2017 saja, UNESCO mencatat bahwa Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah, yakni 0,001% atau menempati peringkat 60 dari 61 negara yang diuji. Hal ini kontan menjadi perhatian banyak pihak, terbukti dengan digerakannya kampanye-kampanye peduli literasi nasional.

EF Kids and Teens merupakan salah satunya. Untuk mendorong minat literasi di kalangan generasi muda, EF Kids and Teens mengajak seluruh SMA/SMK/Sederajat untuk menjadi bagian dalam pembangunan kesadaran literasi melalui sebuah kompetisi menulis terbesar bertajuk: EF International Literacy Day Competition.

Erditya Arfah selaku Director of Marketing dari EF Kids and Teens mengatakan, “Kompetisi ini kami adakan sebagai bentuk kontribusi kami dalam pengembangan minat literasi generasi muda. Karenanya, kami membuka kesempatan untuk siswa-siswi yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas atau sederajat di seluruh Indonesia untuk menjadi bagian di dalamnya.”

Tidak tanggung-tanggung, kompetisi ini menawarkan hadiah hingga puluhan juta rupiah bagi para pemenang yang memiliki tulisan terbaik. Hal ini menunjukkan kesungguhan EF Kids and Teens dalam mewujudkan terciptanya generasi muda yang peduli pada literasi, sekaligus membentuk minat generasi muda pada bahasa Inggris sebagai bahasa global.

Terdapat empat topik yang bisa dipilih oleh siswa-siswi yang ingin mengikuti kompetisi ini. Di antaranya adalah; ‘Sudah Inggriskah Kamu?’, ‘Majukan Bahasa Inggris di Kotamu!’, ‘Peran Internet dan Bahasa Inggris dalam Kemajuan Literasi’, serta ‘Mengapa Bahasa Inggris Jadi Modal di Masa Depanmu’.

“Topik-topik tersebut kami pilih karena sejalan dengan misi EF untuk membuka dunia melalui pendidikan. Dalam hal ini, berkenaan dengan bahasa Inggris serta perannya dalam perkembangan literasi di Indonesia”, pungkas Erditya lagi.

Nantinya, peserta hanya perlu memilih salah satu topik yang disediakan dan menulis sebuah artikel berdasarkan topik tersebut dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Peserta lalu diharapkan untuk berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menayangkan artikel mereka di situs milik sekolah, dan melakukan pendaftaran di situs resmi EF (ef.co.id/writing-competition).

Pemilihan pemenang sendiri akan dilakukan dalam dua babak. Dalam babak penyisihan, akan dipilih 39 artikel terbaik berdasarkan skor oleh panel penilai. Ke-39 peserta yang lolos dalam babak penyisihan kemudian berhak memenangkan hadiah istimewa dari EF dan plakat penghargaan.

Setelahnya, akan diadakan sebuah babak final. Dalam babak final, dewan juri akan memilih tiga peserta terbaik yang masing-masingnya berhak mendapatkan hadiah senilai puluhan juta rupiah. Di antara hadiah yang bisa didapatkan adalah Macbook Pro M1, Samsung Galaxy S21, plakat untuk sekolah, serta voucher kursus gratis di EF Kids and Teens.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB

Ini Keistimewaan Baca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 09:09 WIB

13 Kabinet Baru UIN IB Padang Dilantik

Kamis, 16 September 2021 | 10:51 WIB

Mengenang Bung Hatta dan Sejarah Koperasi Indonesia

Kamis, 16 September 2021 | 02:01 WIB
X