Dosen Politeknik ATI Padang Berikan Pelatihan Produk Gula Aren di Sawahlunto

- Jumat, 17 September 2021 | 15:25 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Salah satu unsur tridharma perguruan tinggi, dosen selain melaksanakan pendidikan dan pengajaran, juga wajib melaksanakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sehingga pengetahuan praktis yang dimiliki dosen dapat diaplikasikan ditengah masyarakat.

Hal ini diupayakan sebagai salah satu kontribusi keilmuan dalam rangka meningkatkan derajat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Nagari Matur Mudik Agam Terpilih Sebagai PKM Politeknik ATI Padang

Salah satu bentuk dari kegiatan PKM dosen itu, yakni kelompok dosen Politeknik ATI Padang, mengadakan pelatihan pengolahan produk, pengemasan, pelabelan produk hingga penggunaan digital marketing sebagai media pemasaran produk berbasis gula aren, bagi masyarakat Desa Lumindai Kota Sawahlunto.

Dipilihnya Desa Lumindai Kota Sawahlunto sebagai lokasi tempat kegiatan PKM yang tepat, setelah Tim PKM Politeknik ATI Padang melakukan survey di desa itu yang diketuai oleh Dr. Lisa Nesti, M.Si beserta 5 orang dosen lainya.

Baca Juga: Politeknik ATI Padang Sosialisasikan Bahaya Narkoba ke Mahasiswa Baru

Desa Lumindai juga sebagai penghasil gula aren dengan produksi rata-rata 500 Kg /bulan dan memiliki potensi pengembangan produk olahan berbasis gula aren, sebut Ketua Tim PKM Politeknik ATI Padang Dr. Lisa Nesti, M.Si.

Selain itu, gula aren saat ini telah menjadi alternatif pengganti gula pasir yang memiliki kandungan kalori yang rendah, disamping sebagai anti oksidan dan nutrisi yang tinggi.

Menurut Dr. Lisa Nesti, M.Si, berdasarkan survey Tim PKM Politeknik ATI Padang, ternayata gula aren di desa Lumindai ini, belum dapat dikembangkan dengan baik karena menghadapi beberapa kendala, antara lain terkait masalah pemasaran, sedagkan petani gula aren belum memahami sepenuhnya tentang produk gula aren yang ternyata bernilai jual tinggi itu.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Alat Musik Gamelan Khas Indonesia

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:47 WIB

Angka dalam Bahasa Korea dan Sistemnya

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:31 WIB

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Jawa

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:57 WIB
X