Berikut Daftar-Daftar Organisasi Dunia yang Membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN)

- Selasa, 21 September 2021 | 20:07 WIB
Daftar-Daftar Organisasi Dunia yang Membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (Ruswanti)
Daftar-Daftar Organisasi Dunia yang Membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (Ruswanti)

Apakah kamu sudah mempelajari tentang perserikatan negara-negara di dunia? Organisasi yang dimaksud biasa disebut PBB atau UN. PBB adalah singkatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, sedangkan UN merupakan istilah dalam bahasa Inggris, yaitu United Nations. Organisasi dunia ini dibentuk pada tanggal 24 Oktober 1945. Tujuan utama dari pembentukan PBB adalah menjaga perdamaian dan kestabilan keamanan dunia.

Dalam mencapai tujuan bersama perserikatan berbagai negara ini, PBB membentuk beberapa organisasi. Salah satu organisasi yang sedang aktif di masa pandemi COVID-19 adalah WHO. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai organisasi dan fungsi dari setiap organisasi yang dibawahi PBB, simak daftar berikut.

15 Organisasi Utama Pembantu PBB

  1. UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization)

Organisasi ini berpusat di ibu kota Prancis, Paris. Fokus utama dari UNESCO adalah melindungi situs-situs sejarah dan budaya. Selain itu, UNESCO sudah beberapa kali mengakui budaya Indonesia seperti Batik. Organisasi ini juga melindungi daerah-daerah bersejarah, seperti Piramida di Mesir dan Pulau Komodo di Indonesia.

  1. IMF (International Monetary Fund)

Tugas dari organisasi yang bergerak di bidang ekonomi internasional ini untuk memberikan bantuan pinjaman untuk membantu keuangan negara-negara yang membutuhkan. Kantor pusat IMF berada di Washington, DC, ibu kota Amerika Serikat. Pada masa krisis moneter Indonesia di tahun 1998, Indonesia banyak dibantu oleh IMF.

  1. WHO (World Health Organization)

Organisasi ini telah disebutkan sebelumnya, yaitu organisasi yang membantu berbagai negara dalam melakukan perlawanan dan penekanan pandemi akibat virus corona. Selain pandemi COVID-19, organisasi yang bergerak di bidang kesehatan telah berhasil untuk membantu berbagai negara dalam masalah kesehatan. WHO memiliki logo berupa logo PBB dan ular. Organisasi kesehatan dunia ini berpusat di Jenewa, Swiss.

  1. World Bank Group

Dalam usaha untuk mengentaskan kemiskinan di dunia, PBB membentuk World Bank atau Bank Dunia. Mereka memberikan pinjaman dengan bunga kecil kepada negara-negara miskin. Kantor pusat World Bank berada di kota yang sama dengan IMF, yaitu di Washington DC, Amerika Serikat.

  1. ILO (International Labor Organization)

Buruh di seluruh dunia mendapatkan perlindungan dari Organisasi Buruh International yang berpusat di Jenewa, Swiss. Organisasi ini didirikan pada tahun 1919 yang merupakan hasil negosiasi Perjanjian Versailles. Awalnya, organisasi ini dibawahi oleh Liga Bangsa-Bangsa. Setelah Perang Dunia II, ILO berada di bawah PBB.

  1. IMO (International Maritime Organization)

Organisasi ini berkantor pusat di ibu kota Inggris, London yang dibentuk pada tahun 1948. Organisasi ini dibentuk oleh PBB untuk mengoordinasikan keselamatan laut internasional dan praktek yang terkait keselamatan laut. Selain itu, IMO juga mempromosikan kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuan, Ciri, dan Jenis Norma Hukum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Ciri, Fungsi, Macam, dan Jenis Norma Sosial

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Bulu Tangkis

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Inilah Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Renang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:48 WIB

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:47 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Olahraga Atletik

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:34 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Panahan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Olahraga Bela Diri

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:10 WIB

Peralatan dan Peraturan Permainan Bola Voli

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:20 WIB

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB
X