Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

- Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB
Fungsi PBB dan Badan Utamanya (Ruswanti)
Fungsi PBB dan Badan Utamanya (Ruswanti)

Tahukah kamu bahwa PPB memiliki sejumlah fungsi dan di dalamnya terdapat sejumlah badan utama? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (dalam bahasa Inggris: United Nations, yang disingkat UN) adalah organisasi internasional yang didirikan pada 1945, yakni setelah Perang Dunia II. PBB dibentuk oleh 51 negara yang berkomitmen dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Organisasi ini bertujuan untuk membantu dalam perkembangan hubungan persahabatan antarbangsa sekaligus mempromosikan kemajuan sosial, hak asasi manusia (HAM), dan standar hidup yang lebih baik.                     

Fungsi PBB

PBB didirikan dengan mengemban sejumlah fungsi berdasarkan Piagam PBB 1945. Dilansir dari Liputan6.com, berikut sejumlah fungsi dari PBB.

  1. Fungsi Proteksi, yakni PBB berupaya memberikan perlindungan kepada seluruh anggotanya.
  2. Fungsi Integrasi, yakni PBB menjadi wadah atau forum untuk membina persahabatan dan persaudaraan bangsa-bangsa.
  3. Fungsi Sosialisasi, yakni PBB menjadi sarana untuk menyampaikan nilai-nilai dan norma kepada semua anggotanya.
  4. Fungsi Pengendali Konflik, yakni PBB, sebagai lembaga internasional, diharapkan dapat mengendalikan konflik-konflik yang muncul dari sesama anggota PBB sehingga tidak sampai memunculkan ketegangan dan peperangan sesama anggotanya.
  5. Fungsi Kooperatif, yakni PBB, sebagai lembaga internasional, diharapkan dapat membina atau mendorong kerja sama di segala bidang antarbangsa di dunia.
  6. Fungsi Negosiasi, yakni PBB diharapkan dapat memfasilitasi perundingan-perundingan antarnegara dalam membentuk hukum, baik yang bersifat khusus maupun umum.
  7. Fungsi Arbitrase, yakni PBB hendaknya dapat menyelesaikan berbagai masalah secara hukum yang timbul sesama anggota sehingga tidak menjadi masalah yang berkepanjangan yang dapat mengganggu perdamaian dunia.

Badan Utama PBB

Baca Juga: Lima Negara yang Menjadi Dewan Keamanan Tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa

Perserikatan Bangsa-Bangsa memiliki sejumlah organ utama dalam menjalankan tujuan dan fungsinya. Di dalam PBB terdapat 6 organ utama, yakni Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwalian, Mahkamah Internasional, dan Sekretariat. Yang juga dilansir dari Liputan6.com, berikut penjelasan keenam organ utama.

  1. Majelis Umum

Majelis Umum PBB (Sidang Umum PBB) merupakan salah satu dari 6 badan utama PBB yang terdiri atas anggota dari seluruh negara anggota PBB. Majelis ini bertemu setiap tahun di bawah seorang Presiden Majelis Umum PBB yang dipilih dari para wakil.

  1. Dewan Keamanan

Dewan Keamanan PBB bertugas dalam melaksanakan perdamaian dunia, baik dengan para negara anggota maupun bukan negara anggota PBB, selama terdapat hal yang bisa mengancam perdamaian dunia.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
X