Berikut Hal Penting yang Perlu Kamu Pelajari tentang Rantai Makanan, Jaring Makanan, dan Perbedaan Keduanya

- Rabu, 22 September 2021 | 16:49 WIB
ekosistem
ekosistem

Dalam mempelajari Bab Ekosistem dari SD sampai SMA, kamu akan menemukan materi sub bab tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Apa itu rantai makanan? Lalu, seperti apa bentuk jaring-jaring makanan? Apa perbedaan kedua hal tersebut?

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan atau food chain merupakan jalur dimana makanan dipindahkan dan satu level trofik ke level trofik yang lain, dimulai dari produsen. Rantai makanan terdiri dari tiga jenis, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. Secara sederhana, produsen adalah organisasi yang dapat melakukan fotosintetis, seperti tumbuhan dan alga. Organisme fotosintetik dapat mengubah energi cahaya menjadi energi gula dan senyawa organik lain.

Pada rantai makanan, hewan disebut sebagai konsumen. Konsumen memiliki berbagai tingkatan, yaitu tingkatan konsumen primer, sekunder, tersier, dan kuartener. Penjelasan lebih lanjut dapat disimak sebagai berikut.

  1. Konsumen primer merupakan hewan pemakan tumbuhan yang disebut herbivora. Mereka berada di tingkat pertama dari konsumen atau tingkatan kedua dalam rantai makanan. Contoh konsumen jenis ini, yaitu kambing, belalang, dan zooplankton.
  2. Konsumen sekunder adalah hewan yang memangsa konsumen primer, seperti karnivora atau omnivora. Konsumen ini menempati tingkatan konsumen kedua setelah primer. Dalam rantai makanan, konsumen sekunder menempati posisi ketiga. Hewan yang dapat menempati tingkatan ini, seperti burung kecil, ikan kecil, dan tikus.
  3. Konsumen tersier yang memiliki tingkatan trofik lebih tinggi dan dapat memangsa hewan-hewan lain. Contoh dari konsumen tersier, yaitu ular, ikan besar, burung hantu.
  4. Konsumen kuartener adalah hewan karnivora yang dapat menempati tingkatan puncak di beberapa ekosistem, contohnya burung elang, ikan hiu, dan harimau.

Kali ini, akan dijelaskan pengurai. Apa itu pengurai? Pengurai adalah penghubung semua tingkat trofik. Pengurai ada dua jenis, yaitu detritivora dan dekomposer. Pengurai jenis detritivora adalah hewan-hewan kecil yang dapat mengurai bangkai menjadi zat yang lebih kecil. Contoh detritivora, yaitu cacing, belatung, dan kaki seribu. Sedangkan, dekomposer merupakan mikrobiologi yang mengurai senyawa organik menjadi senyawa anorganik, seperti bakteri dan jamur-jamur berukuran mikro. Senyawa anorganik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan produsen.

rantai makanan

Contoh Rantai Makanan

Rantai makanan dapat ditemukan di berbagai ekosistem. Berikut rantai makanan berdasarkan jenis ekosistem.

Ekosistem sawah: Padi – Belalang – Tikus – Ular – Elang

Ekosistem laut: Fitoplankton – Zooplankton – Udang – Ikan Tuna – Ikan Hiu

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB

Para Ilmuwan Peneliti Magnet dan Manfaat Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:40 WIB

Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:14 WIB

Irman Gusman Berharap Perguruan Thawalib Terus Maju

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:19 WIB

4 Sekolah di Pariaman Direhab Melalui DAK

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:55 WIB

85% Keberhasilan Seseorang Ditentukan oleh Soft Skill

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:07 WIB

4 Puasa Wajib dalam Islam

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:52 WIB

Tata Cara Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:43 WIB

Bagikan Ceritamu Bersama Daihatsu

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:05 WIB

Cara Kenalkan Lima Rukun Islam Kepada Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Terpopuler

X