Keseimbangan Ekosistem, Kekayaan Alam yang Harus Dilestarikan

- Rabu, 22 September 2021 | 17:05 WIB
keseimbangan ekosistem
keseimbangan ekosistem

Pengertian Ekosistem Lingkungan

Makna ekosistem lingkungan adalah interaksi antara biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan. Unsur biotik merupakan makhluk hidup, yaitu manusia, tumbuhan, hewan, dan mikrobiologis. Sedangkan, unsur abiotik merupakan benda mati, seperti bebatuan, tanah, air, api, logam, dan udara.

Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan ekosistem merupakan keadaan dimana komponen penyusun ekosistem, yaitu biotik dan abiotik dalam keadaan seimbang atau berada di porsi yang seharusnya, baik dalam jumlah maupun peranan. Keseimbangan dalam keberadaan dan interaksi antara komponen biotik dan abiotik dapat mempertahankan dan melestarikan ekosistem lingkungan. Apabila salah satu komponen di dalam lingkungan mengalami perubahan, ekosistem dapat mengalami ketidakseimbangan yang mengakibatkan kerusakan alam. Secara alamiah, ekosistem akan menciptakan keseimbangan baru. Hal tersebut dapat dilihat dari proses suksesi.

Suksesi adalah proses perubahan komposisi jenis dalam suatu komunitas biologis akibat adanya gangguan ekologis pada komunitas. Proses ini memiliki dua macam, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder. Suksesi primer terjadi pada daerah yang sebelumnya sama sekali tidak ada kehidupan. Sedangkan, suksesi sekunder merupakan perubahan yang terjadi akibat pemusnahan atau penghilangan komponen biologis.

Manfaat Keseimbangan Ekosistem

Mengapa keseimbangan ekosistem harus terus dijaga? Karena, manusia dan alam memiliki kekaitan yang sangat erat. Manusia hidup dari alam, di alam, dan kembali ke alam. Dalam memenuhi kebutuhan hidup, makhluk hidup memerlukan satu sama lain. Manusia membutuhkan tumbuhan, hewan, dan air untuk memenuhi nutrisi harian. Selain itu, dalam menyiapkan papan atau rumah, manusia membutuhkan batu-batuan, pasir, tanah, dan air.  Semua yang ada di alam sangat dibutuhkan manusia. Untuk mengetahui lebih banyak lagi, berikut manfaat-manfaat keseimbangan ekosistem

  1. Menyediakan berbagai kebutuhan hidup manusia, seperti air, api, pasir, tanah, dan udara.
  2. Air yang bersih dan cukup dibutuhkan untuk minum, mencuci tubuh, menyiram tanaman, dan berbagai hal lain.
  3. Adanya api dapat dimanfaatkan untuk memasak.
  4. Tanah dan api dapat digunakan untuk membuat batu bata yang digunakan sebagai bahan bangunan.
  5. Manusia tidak dapat hidup tanpa udara, khususnya oksigen. Apabila udara memiliki kualitas yang buruk, maka kesehatan terganggu.
  6. Sumber daya atau keanekaragaman hayati yang lestari. Keseimbangan hayati sangat penting untuk kehidupan. Seperti berbagai tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk sumber energi.
  7. Rantai atau jaring-jaring makanan yang seimbang juga dapat membantu beberapa bidang kehidupan. Salah satunya, keberadaan ular di sawah yang memangsa tikus. Sehingga, panen padi lebih baik karena tikus tidak mengalami over population.
  8. Dalam hal pendidikan, keseimbangan ekosistem dapat diteliti dan sebagai pengembangan teknologi.
  9. Ekosistem yang seimbang cocok untuk dijadikan sebagai wisata alam atau ecotourism.
  10. Mencegah terjadinya bencana alam, seperti banjir, erosi pantai, dan longsor.

Ketidakseimbangan Ekosistem

Apa itu ketidakseimbangan ekosistem? Ketidakseimbangan ekosistem adalah perubahan menuju arah negatif atau kerusakan yang terjadi akibat gangguan-gangguan ekologis. Gangguan tersebut dapat terjadi secara alami atau akibat perbuatan manusia. Contoh dari gangguan alami, yaitu gempa bumi, angin puting beliung, gunung meletus, dan tsunami. Aktivitas manusia juga dapat menyebabkan kerusakan alam, seperti penebangan pohon secara ilegal, penangkapan dan penjualan bebas hewan-hewan yang dilindungi, pembuangan sampah sembarangan, jatuhnya minyak mentah di lautan akibat kesalahan pengiriman, penambangan yang berlebihan, dan penggunaan berlebihan pada pupuk dan/atau insektisida anorganik.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB

Para Ilmuwan Peneliti Magnet dan Manfaat Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:40 WIB

Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:14 WIB

Irman Gusman Berharap Perguruan Thawalib Terus Maju

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:19 WIB

4 Sekolah di Pariaman Direhab Melalui DAK

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:55 WIB

85% Keberhasilan Seseorang Ditentukan oleh Soft Skill

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:07 WIB

4 Puasa Wajib dalam Islam

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:52 WIB

Tata Cara Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:43 WIB

Bagikan Ceritamu Bersama Daihatsu

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:05 WIB

Cara Kenalkan Lima Rukun Islam Kepada Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Terpopuler

X