Menjaga Ekosistem adalah Kewajiban Bersama, Bagaimana Caranya?

- Rabu, 22 September 2021 | 19:34 WIB
ekosistem
ekosistem

Pengertian Ekosistem

Berdasarkan UU RI Nomor 4 Tahun 1982, ekosistem adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Selain itu, makna lain dari ekosistem lingkungan adalah interaksi atau hubungan timbale balik antara biotik (makhluk hidup) dan abiotik (lingkungan).

Manfaat Ekosistem

Dilansir dari Harianhaluan.com, dalam pemenuhan kebutuhan hidup, makhluk hidup memerlukan satu sama lain. Manusia membutuhkan tumbuhan, hewan, dan air untuk memenuhi nutrisi harian. Semua yang ada di alam sangat dibutuhkan manusia. Untuk mengetahui lebih banyak lagi, berikut manfaat-manfaat ekosistem

  1. Menyediakan berbagai kebutuhan hidup manusia, seperti sumber makanan, air, api, pasir, tanah, dan udara.
  2. Air yang bersih dan cukup dibutuhkan untuk minum, mencuci tubuh, menyiram tanaman, dan berbagai hal lain.
  3. Adanya api dan bahan makanan dari tumbuhan dan hewan dapat dimanfaatkan untuk memasak.
  4. Tanah dan api dapat digunakan untuk membuat batu bata yang digunakan sebagai bahan bangunan.
  5. Manusia tidak dapat hidup tanpa udara, khususnya oksigen. Apabila udara memiliki kualitas yang buruk, maka kesehatan terganggu.
  6. Sumber daya atau keanekaragaman hayati yang lestari. Seperti berbagai tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk sumber energi, pengobatan, pemurni udara, dan pakan ternak untuk kebutuhan nutrien hewani.
  7. Dalam hal pendidikan, ekosistem dapat diteliti dan sebagai pengembangan teknologi. Beberapa teknologi yang ada terinspirasi dari alam.
  8. Ekosistem yang seimbang cocok untuk dijadikan sebagai wisata alam atau ecotourism. Hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan mental dan pendapatan bagi masyarakat.

Cara-Cara Menjaga Ekosistem

Menjaga ekosistem disebut juga sebagai kegiatan konservasi. Dalam pengupayaan konservasi ekosistem, dapat dilakukan 4 kegiatan, sebagai berikut.

  1. Merawat daerah-daerah pinggiran atau perbatasan 2 ekosistem

Manusia sering kali melakukan pembatasan-pembatasan wilayah. Pada dasarnya, setiap ekosistem memiliki karakteristik masing-masing. Sayangnya, pembatasan yang dilakukan manusia sering kali menghilangkan karakteristik dari pembatas. Padahal, garis batas antara dua hal memiliki kelebihan karena dapat membentuk spesies baru.

  1. Membentuk kawasan perlindungan

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.76/Menlhk-Setjen/2015 tentang Kriteria Zona Pengelolaan Taman Nasional dan Blok Pengelolaan Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam Pasal 1 Nomor 13, Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Manfaat dari taman nasional untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Area yang dilindungi sebagai tempat konservasi digunakan untuk membangun sistem daerah, mengembangkan area untuk kelestarian diversitas, perlindungan ekosistem alam dan bioakustik, memperbaiki serta memperbanyak kondisi ekosistem sehingga tercapai kondisi yang bertahan selama mungkin. Dalam jangka waktu tertentu, setiap daerah terlindungi harus diawasi sehingga tetap terjaga kelestariannya.

  1. Memulihkan daerah-daerah yang rusak

Pemulihan daerah-daerah yang rusak disebut juga ekologi restorasi. Ada dua strategi pokok yang dapat dilakukan, yaitu bioremediasi dan augmentasi ekosistem. Bioremediasi adalah penggunaan organisme hidup, seperti kelompok prokariot, fungi, dan tumbuhan. Sedangkan, augmentasi ekosistem memerlukan penentuan faktor, misalnya nutrien kimiawi yang telah hilang dari suatu daerah dan membatasi laju pemulihan daerah.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuan, Ciri, dan Jenis Norma Hukum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Ciri, Fungsi, Macam, dan Jenis Norma Sosial

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Bulu Tangkis

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Inilah Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Renang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:48 WIB

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:47 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Olahraga Atletik

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:34 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Panahan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Olahraga Bela Diri

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:10 WIB

Peralatan dan Peraturan Permainan Bola Voli

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:20 WIB

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB
X