Apa Itu Interaksi Sosial: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya (Materi Sosiologi)

- Kamis, 23 September 2021 | 09:55 WIB
Ilustrasi interaksi sosial (sumber gambar: Pixabay.com)
Ilustrasi interaksi sosial (sumber gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM - Istilah ‘interaksi’ mungkin tidak asing di telinga kita. Istilah tersebut kerap kita dengar, terutama berkaitan dengan masyarakat dan mata pelajaran sosiologi. Lantas, apa itu interaksi sosial? Secara umum, interaksi sosial adalah aktivitas pertukaran sosial antara dua individu atau lebih. Sosiolog asal Indonesia yaitu Soejono Soekanto berpendapat, interaksi sosial adalah proses sosial yang berkaitan dengan cara berhubungan antara individu dan kelompok untuk membangun sistem dalam hubungan sosial.

Interaksi sosial dapat menghasilkan kesepakatan di masyarakat. Kesepakatan tersebut tertuang dalam nilai dan norma di masyarakat. Sehingga, kehidupan di masyarakat diharapkan dapat lebih teratur tanpa ada penyimpangan sosial (social deviant).

Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat terjadi dimana dan kapan saja. Saat ini, interaksi sosial dapat terjadi melalui ruang media sosial. Sehingga, interaksi sosial dapat terjadi tanpa adanya pertemuan langsung. Contohnya adalah sekolah daring akibat Pandemi Covid-19. Para siswa dan guru saling berinteraksi melalui aplikasi pertemuan daring untuk melakukan transfer pengetahuan dan materi pelajaran, tanpa harus bertemu secara langsung.

Meski interaksi sosial harapannya dapat membentuk nilai-nilai positif. Kenyataannya tidak selalu demikian. Interaksi sosial dapat terjadi dalam bentuk yang negatif, misalnya perpecahan di masyarakat. Maka dari itu, interaksi sosial dibagi menjadi dua bentuk, yaitu asosiatif dan disasosiatif.

Interaksi Sosial Asosiatif

1. Kerja sama

Kerja sama adalah usaha bersama yang dilakukan sekelompok orang untuk tujuan bersama, sehingga akan saling mendukung, bersinergi, dan saling membantu.

Contoh kerja sama adalah gotong-royong masyarakat, untuk menggalang bantuan terhadap orang yang terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Tirto .id, gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besaran Skalar dan Besaran Vektor dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:50 WIB

Besaran Pokok dan Besaran Turunan dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:47 WIB

20 Wisudawan Terbaik PNP Periode ke-60

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Tujuan, Ciri dan Jenis Norma Hukum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Ciri, Fungsi, Macam, dan Jenis Norma Sosial

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:04 WIB
X