Apa Saja Metode atau Cara Menyelesaikan Konflik Sosial (Materi Sosiologi)

- Kamis, 23 September 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi cara mengatasi konflik (sumber gambar: Pixabay.com)
Ilustrasi cara mengatasi konflik (sumber gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM - Dikutip melalui Modul Sosiologi Kemdikbud, konflik sosial berasal dari bahasa latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konglik sosial dapat diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih, berusaha menghancurkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

Konflik merupakan salah satu bentuk dari interaksi sosial. Maka dari itu, terkadang konflik tidak dapat dihindari. Konflik bisa terjadi dalam skala individu, maupun kelompok. Terdapat beberapa faktor konflik, selengkapnya klik di sini.

Manajemen Konflik

Konflik perlu diselesaikan, agar tidak banyak pihak yang dirugikan. Misalnya ketika terjadi perang antar kelompok atau negara. Salah satu upaya menyelesaikan konflik adalah dengan melakukan manajemen konflik. Dilansir melalui Modul Sosiologi Kemdikbud, terdapat 3 cara yang dilakukan oleh individu untuk menyelesaikan konflik, diantaranya sebagai berikut:

1. Bersikap acuh tak acuh

Sikap ini menunjukkan bahwa tidak ada upaya yang dilakukan secara langsung untuk menyelesaikan sebuah konflik. Dalam kondisi ini, konflik dibiarkan berjalan dengan sendirinya. Kendati demikian, langkah ini perlu untuk dipertimbangkan. Alih-alih menyelesaikan konflik, membiarkan konflik terjadi berlarut-larut juga dapat memicu skala konflik yang lebih meluas dan merusak.

2. Menekannya

Cara ini bermanfaat untuk menyusutkan dampak negatif konflik. Menekan konflik hanya penyelesaian semu yang suatu saat akan muncul kembali, karena cara tersebut tidak mengatasi maupun menghilangkan akar masalah konflik. Sehingga perlu diterapkan langkah yang lebih serius untuk menyelesaikannya.

3. Menyelesaikannya

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Modul Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besaran Skalar dan Besaran Vektor dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:50 WIB

Besaran Pokok dan Besaran Turunan dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:47 WIB

20 Wisudawan Terbaik PNP Periode ke-60

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Tujuan, Ciri dan Jenis Norma Hukum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Ciri, Fungsi, Macam, dan Jenis Norma Sosial

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:04 WIB
X