Pengertian Lingkungan Hidup dan Cara Menjaganya

- Jumat, 24 September 2021 | 19:13 WIB
lingkungan hidup
lingkungan hidup

Pengertian Lingkungan Hidup

Sebelum kamu mengetahui tentang pengertian lingkungan, kamu harus tahu apa ilmu yang mempelajari tentang lingkungan. Ilmu itu disebut ekologi. Berdasarkan UU RI Nomor 4 Tahun 1982, lingkungan adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup">lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Kali ini, kita akan membahas apa yang yang dimaksud dengan lingkungan hidup">lingkungan hidup. Menurut UU 32 Tahun 2009, yang dilansir dari jdih.esdm.go.id, lingkungan hidup">lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Komponen dan Jenis Lingkungan Hidup

Dalam bidang ekologi, lingkungan dibagi menjadi 2 komponen, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai dua komponen tersebut.

  1. Komponen abiotik adalah faktor-faktor fisika dan kimiawi yang merupakan benda mati, seperti suhu, cahaya, air, udara, serta sumber nutrisi. Faktor abiotik yang utama ada 7, yaitu suhu, air, cahaya matahari, angin, batu dan tanah, gangguan periodik, iklim, serta persebaran organisme. Dalam hal ini, gangguan periodik yang dimaksud berupa gangguan yang merusak, seperti kebakaran, badai, tornado, dan letusan gunung berapi.
  2. Komponen biotik merupakan makhluk hidup yang meliputi mikrobiologis (bakteri dan jamur), tumbuhan, hewan, dan manusia.

Kedua komponen ini akan saling mempengaruhi dan membentuk jenis-jenis lingkungan atau bioma. Para ekologis mengkategorikan lingkungan menjadi dua jenis, yaitu lingkungan akuatik (air) dan lingkungan terestrial (daratan). Di berbagai lingkungan, terjadi hubungan atau interaksi antara alam dengan lingkungannya. Untuk mengetahui tentang interaksi dan jenis lingkungannya, simak penjelasan berikut.

1. Lingkungan akuatik tawar

Lingkungan air tawar memiliki salinitas yang rendah. Kandungan air lebih tinggi daripada kandungan garam. Lingkungan air tawar dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti sungai, danau, kolam, dan akuarium. Kita dapat menemukan interaksi antara ikan dan air. Selain itu, interaksi antara manusia dengan lingkungan air tawar dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari, seperti meminum air, mencuci baju, mandi, dan menyiram tanaman. Sayangnya, ada interaksi manusia dengan lingkungan air tawar yang berdampak buruk bagi keseimbangan air tawar, seperti pemberian pupuk berlebihan yang menyebabkan eutrofikasi, pembuangan limbah pabrik dan rumah tangga sembarangan, serta penambangan pasir liar.

2. Lingkungan akuatik asin

Air asin memiliki tingkat salinitas yang tinggi, dengan kandungan garam yang lebih banyak daripada kandungan air. Lingkungan air asin yaitu lautan. Ada kekayaan keanekaragaman hayati yang hidup di laut, seperti berbagai jenis ikan, paus, lumba-lumba, dan gurita. Sayangnya, manusia telah mengakibatkan berbagai pencemaran, seperti sampah plastik yang bertebaran di lautan. Oleh karena itu, manusia harus berinteraksi kembali dengan lautan dengan cara mengurangi, mengolah, dan memakai kembali sampah plastik demi menyelamatkan lautan.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB

Para Ilmuwan Peneliti Magnet dan Manfaat Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:40 WIB

Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:14 WIB

Irman Gusman Berharap Perguruan Thawalib Terus Maju

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:19 WIB

4 Sekolah di Pariaman Direhab Melalui DAK

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:55 WIB

85% Keberhasilan Seseorang Ditentukan oleh Soft Skill

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:07 WIB

4 Puasa Wajib dalam Islam

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:52 WIB

Tata Cara Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:43 WIB

Bagikan Ceritamu Bersama Daihatsu

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:05 WIB

Cara Kenalkan Lima Rukun Islam Kepada Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Terpopuler

X