Apa itu Teknik Lingkungan? Simak Prospek dan Kampus Terbaik Indonesia untuk Jurusan Teknik Lingkungan

- Jumat, 24 September 2021 | 20:03 WIB
teknik lingkungan
teknik lingkungan

Bagi kamu yang sedang memikirkan jurusan paling cocok untukmu, mulailah kenali dirimu. Apa saja pelajaran yang paling kamu sukai? Matematika? Fisika? Kimia? Biologi? Geografi? Jika kamu menyukai kelima mata pelajaran itu, masuklah jurusan Teknik Lingkungan. Atau, kamu sangat mencintai lingkungan sekitar dan ingin menjaganya. Ketahui kecocokanmu dengan Teknik Lingkungan dengan membaca artikel ini.

Apa itu Teknik Lingkungan?

Dilansir dari Hotcourse.com, Jurusan Teknik Lingkungan biasanya berada di Fakultas Teknik, karena dalam penyelesaian masalah lingkungan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kerja manusia dan meminimalisasi human error. Contohnya, populasi manusia yang terus bertambah, sedangkan sumber daya semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan kekurangan air bersih di sebagian lokasi, udara yang tercemar akibat aktivitas kendaraan bermotor dan alih fungsi lahan menjadi pemukiman. Tugas lulusan Teknik Lingkungan adalah memikirkan solusi bagaimana aktivitas manusia tetap berjalan, tanpa mengorbankan atau merusak lingkungan. Di samping itu, mereka juga bertugas untuk memprediksi masalah lingkungan yang mungkin akan dihadapi di masa depan dan cara pencegahannya.

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan Teknik Lingkungan?

Kurikulum setiap universitas berbeda-beda. Pada umumnya, Jurusan Teknik Lingkungan mempelajari pemantauan kualitas air, tanah, dan udara, perencanaan pengolahan air minum, pengelolaan sampah, sistem pengelolaan buangan cair, padat serta gas, sistem penyediaan air minum, sistem drainase, sanitasi lingkungan, pengendalian tingkat pencemaran serta pengelolaan dampak lingkungan.

Secara khusus, berikut contoh topik-topik yang dipelajari jurusan teknik lingkungan:

  1. Pencegahan Produksi Limbah

Limbah produksi pasti ada, seperti sisa-sisa bahan bakar, bahan baku, dan hasil produksi yang gagal. Jurusan ini mempelajari cara mengurangi produksi limbah tetapi tetap menjaga, bahkan memaksimalkan kualitas produk. Mereka mempelajari proses produksi tersebut, misalnya bahan yang digunakan dan dampaknya bagi lingkungan. Setelah itu, menganalisa dan mencari solusi, misalnya dengan mengurangi bahan baku tertentu. 

  1. Mengelola Limbah

Pada limbah hasil industri yang mengandung bahan kimia beracun, perlu dilakukan pengolahan yang sesuai dengan peraturan. Teknik lingkungan belajar proses mengolah limbah dengan tepat supaya tidak mengganggu kesehatan masyarakat dan keselamatan dalam pengolahan limbah.

  1. Mengolah Air

Mahasiswa akan diajarkan untuk menganalisa tingkat kekeruhan air, tingkat keasinan, mineral yang dikandung dan faktor lainnya supaya air dari suatu sumber aman dan layak dikonsumsi masyarakat.  Mereka mempelajari cara membuat desain Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM), dari proses yang terjadi hingga cara mendistribusikan air sesuai kebutuhan masyarakat. Topik ini mempelajari tentang unit dan alat pengolahan air untuk unit penyaringan, penambahan oksigen, pengurangan mineral, dan penghilangan bakteri. Prosesnya dari merancang sesuai dengan kondisi, alat, dan unit agar berfungsi dengan baik. Unit juga digunakan di rumah sakit, hotel, kompleks tempat tinggal dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Magnet dan Cara Membuatnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:56 WIB

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:36 WIB

Para Ilmuwan Peneliti Magnet dan Manfaat Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:40 WIB

Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:14 WIB

Irman Gusman Berharap Perguruan Thawalib Terus Maju

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:19 WIB

4 Sekolah di Pariaman Direhab Melalui DAK

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:55 WIB

85% Keberhasilan Seseorang Ditentukan oleh Soft Skill

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:07 WIB

4 Puasa Wajib dalam Islam

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:52 WIB

Tata Cara Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:43 WIB

Bagikan Ceritamu Bersama Daihatsu

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:05 WIB

Cara Kenalkan Lima Rukun Islam Kepada Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:40 WIB

Terpopuler

X