Cara Agar Wafat dalam Husnul Khatimah, Lakukan 3 Amalan Ini

- Sabtu, 25 September 2021 | 06:59 WIB
Ilustrasi (foto: konfirmasitimes)
Ilustrasi (foto: konfirmasitimes)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Kematian itu pasti bagi setiap yang bernyawa. Dan setiap orang menginginkan wafat dalam kondisi yang terbaik atau husnul khatimah. Namun jika memiliki dosa yang belum diampuni maka akan meninggal dalam kondisi sebaliknya.

Kematian itu pasti, namun tidak ada yang dapat memprediksi kapan kematian tiba. Kapan waktunya hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang mengetahuinya. Banyak manusia yang sudah wafat dengan keadaan berbeda-beda. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan dishahihkan oleh Syekh Albani rahimahullah tentang mimpi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Rasulullah berkata:

"Tadi malam aku bermimpi melihat Allah dalam bentuk yang sangat indah. Lalu Allah berfirman kepadaku: 'Ya Muhammad, tahukah kamu apa yang sedang dipersengketakan oleh malaikat yang ada di langit?' Lalu aku berkata: 'Tidak tahu, Ya Allah.' Maka Allah meletakkan tangan-Nya di antara dua pundakku sehingga aku merasakan dinginnya di antara dua dadaku. Aku pun tahu apa yang terjadi di langit dan di bumi. Lalu Allah berfirman lagi: 'Tahukah kamu apa yang sedang diperbincangkan malaikat yang ada di langit?' Maka Rasulullah bersabda: 'Aku tahu, Ya Allah, tentang amalan yang menggugurkan dosa dan amalan yang mengangkat derajat'."

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan, "Adapun amalan yang menggugurkan dosa yaitu berjalan kaki menuju sholat berjamaah, menunggu sholat sampai sholat berikutnya di masjid, dan menyempurnakan wudhu di saat-saat sulit."

Lalu Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Kamu benar wahai Muhammad, siapa yang melakukan itu, ia akan hidup dalam keadaan baik dan wafat pun dalam keadaan baik dan ia akan bersih dari dosanya seperti dilahirkan oleh ibunya."

Sebagaimana dikutip dari akun Youtube Yufid TV, Ustadz Badrussalam menjelaskan maksud dari hadits tersebut:

1. Berjalan untuk menunaikan sholat berjamaah

Berjalan menuju masjid akan dijaga oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan menghapuskan dosa-dosa yang ada di benak manusia.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone

Tags

Terkini

Besaran Skalar dan Besaran Vektor dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:50 WIB

Besaran Pokok dan Besaran Turunan dalam Ilmu Fisika

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:47 WIB

20 Wisudawan Terbaik PNP Periode ke-60

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Tujuan, Ciri dan Jenis Norma Hukum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Ciri, Fungsi, Macam, dan Jenis Norma Sosial

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:04 WIB
X