Ini 5 Wanita Inspiratif dan Sangat Berpengaruh dalam Sejarah Islam

Rahma Nurjana
- Minggu, 3 Oktober 2021 | 06:32 WIB
Wanita muslimah paling berpengaruh dan bisa dijadikan contoh (foto: Freepik)
Wanita muslimah paling berpengaruh dan bisa dijadikan contoh (foto: Freepik)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tidak hanya para laki-laki saja yang namanya terkenal di zaman Nabi Muhammad SAW, seperti Ali bin Abi Thalib, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, dan masih banyak lagi. Tetapi, para perempuan pada masa itu pun tak kalah terkenalnya dari mereka dengan segala perjuangannya.

Dalam sejarah Islam mencatat, ada sejumlah nama tokoh perempuan terkemuka dalam Islam. Namanya pun seakan tidak asing lagi bagi para muslim. Mereka memberikan andil dalam pertumbuhan agama Islam secara menyeluruh, bahkan hingga saat ini.

Mereka juga dinilai memilki pengaruh besar karena dapat membentuk pemahaman akan ajaran Islam. Sifat yang ditanamkan wanita-wanita tersebut dalam sejarah Islam yaitu cinta iman, keberanian, dan kecerdasan.

Berikut ini lima wanita inspiratif dan sangat berpengaruh dalam perkembangan ajaran agama Islam, seperti dikutip dari Okezone, Minggu (3/10/2021).

1. Khadijah binti Khuwailid

Khadijah merupakan istri dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Di antara tokoh wanita lainnya, Khadijah memiliki sifat yang kuat dan mandiri dalam segala aspek kehidupan. Selain itu, Khadijah memiliki sifat yang sangat inspiratif bagi sebagian besar warga Muslim di dunia.

Khadijah lahir dari keluarga yang sangat dihormati. Ayahnya Khuwailid memberikan pendidikan yang layak kepada putrinya sehingga Khadijah menjadi pengusaha kaya pada zamannya.

Sebelum menikah, Khadijah sempat memperkerjakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam di tempat usahanya. Setelah itu Khadijah memutuskan ingin menjadi istri Nabi dengan menggunakan perantara Nafisah binti Munyah. Nafisah kemudian menyampaikan kepada Abu Thalib, paman Nabi.

Melalui semua sifat baik yang dimliki Khadijah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam memutuskan menerima keinginan Khadijah tersebut lalu mereka melangsungkan pernikahan.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone

Tags

Terkini

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

Rabu, 6 Juli 2022 | 19:28 WIB

Jenis-Jenis Daun Beserta Contoh Tanamannya

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:41 WIB

Cara Kerja Tuas dan Rumus Hitungnya

Selasa, 5 Juli 2022 | 19:19 WIB

Contoh Soal Tuas (Pengungkit) dan Pembahasannya

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:11 WIB

Mengenal Berbagai Macam Bidang Manajemen

Senin, 4 Juli 2022 | 20:04 WIB

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB
X