Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dengan Berbagai Fungsi dan Contoh yang Dapat Kamu Temukan di Kehidupan

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:20 WIB
contoh seni rupa tiga dimensi
contoh seni rupa tiga dimensi

Seni rupa adalah seni yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, secara lahiriah maupun batiniah. Seniman perlu memperhatikan beberapa prinsip seni rupa, yaitu proporsi, keseimbangan, irama, komposisi, pusat perhatian, keselarasan, dan kesatuan. Seni rupa memiliki berbagai ragam. Dilihat dari fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua sebagai berikut.

  1. Seni rupa murni (fine art)

Seni rupa murni adalah hasil karya seni yang diciptakan untuk memenuhi kepuasan batin. Tujuan dari seni rupa murni lebih mengutamakan fungsi estetik (keindahan) tanpa fungsi praktis (kegunaan).

  1. Seni rupa terapan (applied art)

Seni rupa terapan adalah hasil karya seni yang diciptakan untuk keperluan hidup sehari-hari dan bentuk karyanya tetap memiliki nilai estetik. Pembuatan karya seni rupa terapan tidak sebebas seni rupa murni. Seni rupa terapan harus memperhatikan syarat tertentu, seperti keamanan, kenyamanan, dan keluwesan dalam penggunaan.

Selain itu, jenis karya seni rupa dapat diihat dari perbedaan tema atau gagasan pokok di baliknya. Tema-tema dalam karya seni rupa tidak terbatas pada satu jenis topik. Tema yang tidak selalu tampak secara kasat mata disebut eksplisit. Sedangkan, seni rupa yang bisa lebih tampak secara tersirat disebut implisit.

Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni rupa juga dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan dimensinya, yaitu seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Pembahasan kali ini seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 3 dimensi adalah salah satu seni rupa yang memiliki tiga ukuran atau sisi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Seni ini dua dimensi dapat kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk patung, hiasan lampu, lampu hias, kursi ukir, sepatu rajut, tas rajut, dan lain-lain. Untuk memahami lebih lanjut tentang seni rupa 3 dimensi, simak penjelasan berikut.

Fungsi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Dilansir dari Tirto.id, seni rupa tiga dimensi dapat dilihat dari fungsinya. Seni rupa jenis ini memiliki sejumlah kegunaan. Berikut adalah fungsi-fungsi karya seni rupa tiga dimensi.

  1. Hiasan

Karya seni ini dibuat dengan tujuan artistik dan estetik. Jenis ini termasuk ke dalam seni rupa murni tiga dimensi. Contoh dari hiasan, seperti vas bunga, guci, patung hiasan rumah, furnitur, hiasan gantungan, dan lain-lain. Biasanya, kamu dapat memanfaatkan hiasan untuk mempercantik rumah atau taman.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tirto.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X