Penjelasan Lengkap Mengenai Organel pada Sel-Sel Tumbuhan

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 20:02 WIB
ilustrasi sel tumbuhan
ilustrasi sel tumbuhan

Apa itu Sel?

Sel merupakan unit terkecil dari penyusun kehidupan, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Selain itu, ada kingdom yang terdiri dari satu sel, yaitu Protista. Padas el manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk ke dalam sel eukariotik yang memiliki sistem endomembran. Sistem endomembran mencakup berbagai komponen yang dikenal sebagai organel sel, yang melakukan fungsi berbeda untuk menopang makhluk hidup.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan merupakan unit satuan terkecil dari tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki karakteristik yang berbeda dengan sel pada hewan dan manusia. Sel penyusun tumbuhan memiliki beberapa organel yang hanya ada di tumbuhan.

Pada umumnya, sel memiliki berbagai organela untuk menjalankan fungsi sel. Berikut daftar organela yang ada di sel tumbuhan dan hewan serta penjelasannya.

  1. Membran sel

ilustrasi membran sel

Membran sel adalah membran semi-permeabel yang pada tumbuhan berada di dalam dinding sel, yang terdiri dari lapisan tipis protein dan lemak. Peran dari membran sel untuk mengatur keluar masuknya zat-zat tertentu di dalam sel. Selain itu, membrane terluar sel ini berperan untuk menyaring zat tertentu untuk masuk, tetapi tidak zat yang lain, terutama menyaring pelarut, namum tidak untuk zat terlarut tertentu.

  1. Sitoplasma

ilustrasi sitoplasma

Sitoplasma berarti cairan sel yang berupa larutan cair dan kental yang mengandung air, garam, dan protein. Dalam sel eukariotik, sitoplasma mencakup semua materi, seperti nukleus, retikulum endoplasma, dan mitokondria. Sitoplasma yang hanya berupa cairan tanpa organel disebut sitosol.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X