Tips Menulis Daftar Pustaka untuk Rujukan Makalah, Tesis, Jurnal, Disertasi dan Artikel Ilmiah

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 22:08 WIB
Ilustrasi buku. (Foto: pixabay.)
Ilustrasi buku. (Foto: pixabay.)

HARIANHALUAN.COM - Daftar pustaka adalah sumber yang menjadi rujukan saat menulis makalah akademis, skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah maupun jurnal.

Adapun susunan tulisan berisi rujukan tersebut diletakkan pada akhir sebuah karya ilmiah. Isi daftar pustaka berupa nama penulis, tahun tulisan, judul tulisan, kota penerbit, dan identitas penerbit.

Menulis daftar pustaka termasuk bagian sulit dalam membuat karya ilmiah karena harus sesuai dengan format yang berlaku. Akhirnya hal ini sering diabaikan oleh penulis.

Cara menulis daftar pustaka di internet penting diketahui terutama kamu yang sudah memasuki dunia perkuliahan. Menulis daftar pustaka adalah salah satu bagian terpenting dari karya ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir.

Penulisan daftar pustaka ini bermanfaat agar terhindar dari plagiat, wujud apresiasi penulis akan karya orang lain, membangun kredibilitas, dan membantu para pembaca untuk lebih tahu topik terkait.

Berikut cara menulis daftar pustaka dari internet dilansir dari HiTekno.com.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara menulis daftar pustaka yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka dari sumber internet tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka buku. Perbedaannya hanya ada penambahan link, tanggal, serta jam saat mengakses sumber. Berikut ini susunannya.

Nama penulis artikel
Tahun artikel publish
Judul artikel menggunakan tanda petik
Link artikel
Tanggal dan jam saat akses sumber artikel
Contoh: Suara.com, "3 Cara WA Tanpa Simpan Nomor", 22 Oktober 2020, 16:30.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Hitekno.com

Tags

Terkini

X