Seni Rupa Terapan: Pengertian, Sejarah, dan Berbagai Contoh dari Indonesia

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:17 WIB
seni rupa terapan
seni rupa terapan

Apa itu Seni Rupa Terapan (Applied Art)?

Seni rupa terapan (applied art) merupakan suatu seni rupa yang hasil karyanya dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seni rupa ini menggabungkan nilai fungsi dan nilai seni. Pada seni rupa murni, hasil karya hanya berfungsi sebagai benda hias semata, misalnya, karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding, benda kerajinan, topeng, dan vas bunga. Sedangkan, seni rupa terapan yang menggabungkan fungsi praktis dan nilai seni adalah karya seni yang tujuan pokok pembuatannya ditujukan sebagai benda pakai, contohnya, perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

Pada seni rupa terapan, nilai yang ditonjolkan adalah fungsi praktis. Hasil karyanya cenderung mengutamakan faktor pemakaian dari segi keindahan dan artistiknya. Dalam pembuatannya, karya seni rupa terapan kelihatannya lebih sulit jika dibanding dengan karya seni rupa murni. Sebab membuat karya seni rupa murni terasa lebih bebas dan tidak usah memperhitungkan fungsi dibandingkan dengan karya seni rupa terapan.

 

Membuat karya seni rupa terapan kelihatan lebih sulit kalau dibandingkan dengan karya seni rupa murni. Hal itu mungkin karena membuat karya seni rupa murni terasa lebih bebas dan tidak memperhitungkan fungsi dibandingkan dengan karya seni rupa terapan. Akan tetapi sering pula sebaliknya, membuat karya seni rupa murni lebih sulit dari pada karya seni rupa terapan. Contohnya mungkin orang lebih sulit melukis dari pada membuat rumah.

Sejarah Seni Rupa Terapan di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan seni rupa terapan sudah ada sejak zaman prasejarah. Berdasarkan penemuan ahli sejarah, sejak zaman dahulu nenek buyut kita dulu telah mampu melebur suatu logam menjadi benda seperti senjata dan perhiasan. Terlebih itu, logam yang dileburkan tersebut juga dipakai menjadi rumah tangga, yakni bejana, nekara, moko, dan peralatan dapur lainnya. Hingga zaman sekarang, kamu juga dapat menemukan peralatan dapur khas zaman dahulu, seperti lempung, ulegan, kendil, dan lain-lain.

Selain itu, budaya Indonesia yang luas dan beragam telah menghasilkan berbagai jenis seni rupa terapan, seperti pakaian dan rumah adat. Tiga puluh empat provinsi di Indonesia memiliki ciri khas. Bahkan, di beberapa provinsi memiliki beberapa jenis rumah adat. Contoh dari rumah adat di Indonesia, antara lain:

  1. Rumah Krong Bade dari NAD.
  2. Rumah Balai Batak Toba dari Sumatera Utara.
  3. Rumah Gadang dari Sumatera Barat.
  4. Rumah Selaso Jatuh Kembar dari Riau.
  5. Rumah Panggung Kajang Leko dari Jambi.

Bentuk Seni Rupa Terapan di Indonesia

Seni rupa terapan di Indonesia dapat dilihat dari 5 bentuk, yaitu rumah adat, arsitektur bangunan, senjata tradisional, transportasi tradisional, dan seni kriya. Berikut penjelasan lebih lengkap.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X