Berikut Daftar dan Penjelasan 20 Jenis-Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Empat Hal

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:33 WIB
contoh jenis jenis seni rupa
contoh jenis jenis seni rupa

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu dapat menemukan berbagai karya seni rupa. Apalagi, di zaman digital seperti ini, orang-orang menjadi semakin kreatif dan inovatif dalam seni. Kamu dapat melihat seni di galeri seni, instalasi ruang, dan ruang-ruang publik sangat beragam. Seni rupa adalah segala bentuk ekspresi pengalaman estetis yang dilakukan secara sadar oleh manusia melalui media titik, garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang.

Jenis-Jenis Karya Seni Rupa

Ada 29 jenis karya seni rupa dilansir dari laman Detik.com. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Jenis Karya Seni Rupa Menurut Wujud

  1. Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Jenis karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki panjang dan lebar dan dapat disebut karya dwimatra. Karya dwimatra maksudnya adalah karya yang hanya dapat dinikmati dari satu arah, yaitu arah depan. Contoh karya dua dimensi adalah lukisan, gambar, foto, tenunan, dan batik.

  1. Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Karya seni rupa tiga dimensi disebut juga karya trimatra. Karya trimatra adalah karya yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Karya trimatra punya volume, sehingga wujudnya bisa dinikmati dari berbagai arah. Contoh karya trimatra adalah patung, bangunan, boneka, dan aneka jenis desain produk.

  1. Karya Seni Rupa Empat Dimensi

Karya seni rupa empat dimensi merupakan karya seni yang menjadi salah satu hasil dari perkembangan zaman, disebut juga time-based art (karya seni rupa berbasis waktu). Contoh dari karya ini adalah animasi, robotika, film, dan berbagai karya yang menggunakan jangkauan waktu.

Jenis Karya Seni Rupa Menurut Fungsi

  1. Karya Seni Rupa Murni

Karya jenis ini adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan rasa indah atau rasa estetis, tanpa maksud untuk memenuhi kegunaan atau fungsi yang bersifat praktis. Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, tapestri, atau karya seni rupa lain yang diniatkan semata sebagai ekspresi rasa estetis.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X