Fotosintesis: Pengertian dan Penjelasan Dua Tahapan Prosesnya

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:40 WIB
ilustrasi fotosintesis
ilustrasi fotosintesis

Makhluk hidup memerlukan nutrisi untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam aktivitas dan pertumbuhan. Dalam cara mendapatkan nutrien, makhluk hidup dibagi menjadi 2 jenis, yakni autotrofik dan heterotrofik. Autotrofik adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan heterotrofik membutuhkan makhluk hidup lain untuk mendapatkan nutrisi. Contoh dari makhluk hidup autotrofik adalah protista berklorofil dan tumbuhan. Sedangkan, makhluk heterotrofik, yaitu hewan dan manusia. Kali ini, Harian Haluan akan menjelaskan cara tumbuhan untuk mendapatkan nutrien, yaitu proses fotosintesis.

Apa itu Fotosintesis?

Secara etimologi, kata fotosintesis atau photosynthesis berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘photon’ dan ‘synthesis’. Photon berarti cahaya dan synthesis berarti menggabungkan atau penggabungan yang merupakan gabungan dua kata, yaitu syn berarti tambah dan thesis berarti posisi.

Secara istilah, proses fotosintesis adalah penyusunan senyawa yang kompleks pada bagian tumbuhan yang mengandung klorofil dan menggunakan bantuan cahaya matahari. Dalam biologi, fotosintesis termasuk proses anabolisme dan proses pembuatan makanan di tumbuhan disebut fotoautotrof. Anabolisme merupakan proses pembentukan, yaitu penyatuan senyawa-senyawa sederhana menjadi senyawa yang kompleks. Sedangkan, fotoautotrof merupakan makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri yang menggunakan energi cahaya dan merubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam makanan.

Selain tumbuhan, makhluk hidup yang tidak memiliki klorofil namun mengalami fotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri.

Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Klorofil adalah pigmen yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil ini terdapat pada organel yang disebut kloroplas. Klorofil bekerja dengan menyerap cahaya Matahari yang digunakan dalam proses fotosintesis. Daun adalah bagian tumbuhan yang menghasilkan sebagian besar energi, meski seluruh bagian tumbuhan berwarna hijau memiliki kloroplas.
Tedapat lapisan sel yang disebut mesofil dalam daun yang mengandung setengah juta kloroplas pada setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya proses fotosintesis. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang anti air agar cahaya matahari tidak diserap secara berlebihan.
Dua Tahap dalam Fotosintesis

ilustrasi fotosintesis
Secara singkat, tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang dibutuhkan sebagai makanannya. Dalam rumus kimia, proses fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.

6 CO2 + 6 H2O + Energi Cahaya -> C6H12O6 + 6 O2

Glukosa dapat digunakan untuk membentu senyawa organik lain seperti selulola dan bisa juga digunakan sebagai bahan bakar. Secara rinci, proses fotosintesis dibagi menjadi 2 tahap, yaitu reaksi terang dan siklus Calvin.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X