Bilangan Prima: Pengertian, Sejarah, Contoh dan Kegunaannya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:32 WIB
ilustrasi bilangan prima
ilustrasi bilangan prima

Apakah kamu tahu ada berapa jenis sistem bilangan dalam matematika? Kali ini, kita akan membahas salah satu dari jenis bilangan, yaitu bilangan prima. Apakah kamu pernah mendengarnya?

Pengertian Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih dari 1. Jenis bilangan ini hanya dapat dibagi dengan angka 1 atau bilangan itu sendiri. Angka 2 adalah bilangan prima karena hanya bisa dibagi dengan angka 1 dan angka 2. Angka 8 bukanlah bilangan prima karena selain bisa dibagi dengan angka 1 dan 8, 8 juga bisa dibagi dengan angka 2 dan 4. Contoh lain dari bilangan prima adalah 3 dan 5.

Dalam hal ini, ada cara untuk mengatahui bilangan prima. Cara paling sederhana untuk menentukan bilangan prima yang lebih kecil dari bilangan tertentu adalah dengan menggunakan saringan Eratosthenes.

Kebalikan Bilangan Prima

Bilangan asli memiliki nilai yang tak terhitung alias tidak terbatas. Oleh karena itu, selain bilangan prima ada juga bilangan-bilangan yang bukan bilangan prima atau kebalikan dari bilangan prima. Kebalikan dari bilangan prima disebut bilangan komposit, yaitu bilangan asli bernilai lebih dari 1 serta memiliki lebih dari 2 faktor pembagi. Bilangan komposit, yaitu 4, 6, 8, dan seterusnya.

Sejarah Singkat Bilangan Prima

Ternyata, bilangan prima memiliki sejarah yang panjang dan sudah dikenal sejak lama sekali. Dari catatan yang ditemukan, diketahui bilangan prima telah dipelajari pada tahun sekitar 300 sebelum masehi oleh matematikawan Yunani bernama Euclid of Alexandria.  Beliau menyatakan bahwa bilangan prima tidak terbatas. Sekitar seratus tahun setelahnya, ilmuwan Yunani lainnya bernama Eratosthenes of Cyrene menemukan metode screening dalam mengidentifikasi bilangan prima pada daftar tertentu.

Setelah studi yang dilakukan ilmuwan Yunani tadi, studi mengenai bilangan prima tidaklah terlalu banyak berkembang. Perkembangan pesat terjadi pada abad ke 17 ketika seorang biarawan Prancis bernama Marin Mersenne yang mendefinisikan bilangan prima dalam rumus di bawah ini.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Pengertian Padanan Kata dan Beragam Contohnya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:21 WIB

Terpopuler

X