Inilah Pengertian Majas, Jenis dan Contohnya yang Perlu Kamu Ketahui

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:27 WIB
Ilustrasi majas berbahasa Inggris
Ilustrasi majas berbahasa Inggris

Apa Itu Majas?

 

Secara umum, pengertian majas adalah bentuk gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kiasan. Menurut Tarigan, majas adalah cara mengungkapkan pikiran melalui gaya bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian seorang penulis. Jadi, majas bisa menjadi ungkapan yang bisa menghidupkan suatu kalimat.

Penggunaan majas biasanya bertujuan untuk membuat pembaca memperoleh efek tertentu dari gaya bahasa itu, karena memberi kesat yang lebih emosional. Majas pun bersifat kiasan, konotasi, ataupun tidak sebenarnya. 

Karya sastra termasuk di Indonesia, senantiasa ditulis dengan beragam gaya bahasa atau disebut juga majas. Bahkan, majas sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Dengan majas, bisa diperoleh suasana dalam sebuah kalimat supaya makin terkesan hidup. Majas pun melakukan penyimpangan dari makna suatu kata yang umumnya digunakan.

Penggunaan majas bisa membuat karya sastra lebih hidup dan menarik sehingga penyampaian setiap kalimat jadi lebih beragam. Majas pun memiliki berbagai jenis. Masing-masing jenis pun memiliki tujuan penggunaan yang beragam, misal pertentangan hingga perbandingan.

 

Jenis dan Contoh Majas

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Inilah Pengertian Padanan Kata dan Beragam Contohnya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:21 WIB

Terpopuler

X