Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:14 WIB
Magnet
Magnet

Pengertian Magnet

Apa itu magnet? Dilansir dari laman bobo.grid.id, magnet adalah jenis batuan atau benda yang memiliki kemampuan bisa menarik benda-benda tertentu. Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, magnet diartikan sebagai setiap bahan yang bisa menarik logam besi. Kata magnet sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu magnitis lithos yang berarti batuan Magnesian. Magnesian atau Magnesia adalah sebuah kota di wilayah Yunani. Sekarang kota ini berubah namanya menjadi Manisia yang terletak di wilayah Turki. Pada zaman prasejarah, di Magnesia ditemukan banyak sekali kandungan magnet.

Perbedaan Magnet Alam dan Magnet Buatan

Dalam perkembangan teknologi, magnet banyak memiliki manfaat. Untuk membantu berbagai pekerjaan manusia, magnet mulai dibuat oleh manusia. Oleh karena itu, magnet dapat dibagi menjadi dua, yaitu magnet alam dan magnet buatan.

  1. Magnet alam adalah magnet yang terbentuk secara alami oleh alam tanpa ada campur tangan manusia. Magnet jenis ini adalah batuan yang ditemukan oleh penduduk Magnesia di zaman lampau. Biasanya magnet alami berupa batu-batuan. Ciri khas dari magnet alam, yaitu bersifat permanen. Kemagnetan magnet alam lebih susah untuk hilang.
  2. Magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia. Hal ini dilakukan seiring meningkatnya kebutuhan magnet. Karena buatan, magnet jenis ini memiliki berbagai bentuk, seperti magnet ladam atau tapal kuda, magnet jarum, magnet batang, magnet silinder, dan lain-lain. Magnet buatan biasanya dibuat dari besi, bajam atau bahan jenis logam lainnya. Magnet buatan ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang tetap. Magnet sementara kemagnetannya bisa hilang dengan mudah, berbeda dengan magnet buatan yang tetap atau permanen.

Baca Juga: Kutub Utara Medan Magnet Bumi Berpindah, Apakah Berbahaya?

Bentuk-Bentuk Magnet

  1. Magnet Batang

Magnet batang adalah magnet yang berbentuk batang atau menyerupai balok atau kubus yang kecil. Biasanya magnet ini digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penutup benda lain, seperti kotak pensil, kotak hadiah, dan lain-lain.

  1. Magnet Silinder

Magnet yang berbentuk silinder ini biasanya bentuknya bulat dan pipih. Kegunaan magnet silinder sebagian besar sama dengan kegunaan magnet batang. Magnet ini digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penutup benda lain, seperti kotak pensil, kotak hadiah, dan lain-lain.

  1. Magnet Jarum

Bentuk magnet ini pipih, memangjang, dan memiliki ujung yang lancip. Magnet jarum biasanya digunakan untuk membuat kompas sebagai penunjuk arah mata angin.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia Blog, Bobo.grid.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelestarian Ex Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:46 WIB

Pelestarian In Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:23 WIB

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | 22:16 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB

Faktor-Faktor Pembentuk Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 22:08 WIB

Manfaat Keanekaragaman Hayati untuk Kehidupan Manusia

Selasa, 30 November 2021 | 11:46 WIB

Manfaat dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 09:07 WIB

Pengertian dan Contoh Keanekaragaman Tingkat Genetik

Selasa, 30 November 2021 | 09:03 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Senin, 29 November 2021 | 21:07 WIB
X