Pengertian, Sifat, dan Berbagai Manfaat dari Gaya Magnet

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:23 WIB
Kompas Magnet
Kompas Magnet

Apakah kamu suka memainkan hiasan di pintu kulkas yang memiliki berbagai bentuk seperti huruf, angka, dan buah-buahan? Bagaimana cara hiasan tersebut dapat menempel dan dipindah dari satu sisi ke sisi lain? Atau, pernahkan kamu melihat benda kecil lonjong berwarna hitam yang dapat menarik benda terbuat dari besi? Untuk mengetahui cara kerja benda tersebut, berikut penjelasannya.

Apa itu Gaya Magnet?

Semua pertanyaan tadi mengacu kepada benda bernama magnet. Jadi, secara singkat, magnet adalah benda yang dapat menarik elemen lain di sekitarnya yang memiliki sifat-sifat khusus. Atau, benda tersebut dapat menempel pada benda lain yang bersifat khusus. Kamu akan menemukan di belakang hiasan kulkas ada benda berwarna hitam, benda itu disebut magnet.

Magnet memiliki suatu gaya yang disebut dengan gaya magnet. Dilansir dari Gramedia.com, gaya magnet adalah bentuk gaya yang memiliki kemampuan menarik benda berbahan khusus yang ditimbulkan akibat adanya magnet di dalamnya. Gaya magnet dapat memberikan penolakan terhadap benda lain dan penarikan yang dapat mempertahankan benda lain tersebut tetap menempel. Gaya magnet terjadi pada benda magnetis. Benda yang tidak terpengaruh gaya magnet disebut dengan diamagnetik. 

Gaya magnet merupakan salah satu bagian dari gaya elektromagnetik. Gaya elektromagnetik adalah gaya dasar alam yang disebabkan oleh gerakan-gerakan muatan. Alasan gaya ini termasuk gaya elektromagnetik karena hanya menarik benda khusus. Magnet tidak akan bekerja sama sekali. Sebaliknya, magnet dapat menolak beberapa benda khusus pada magnet atau benda yang bergerak berlawan arah jika memiliki gaya tolak diantara dua benda tersebut. Magnet juga akan tarik menarik jika mengandung muatan dengan arah gerak yang sama. 

Kedua hal tersebut dianggap sebagai bentuk energi tarik dan tolak yang ada di antara kutub magnet dan partikel gerak yang bermuatan listrik. Muatan gerak ini kemudian akan menciptakan medan magnet yang berinteraksi untuk menimbulkan magnet. 

Baca Juga: Penjelasan Tentang Magnet dan Gaya Magnet

Sifat-Sifat Gaya Magnet

Kita telah mempelajari gaya magnet merupakan gaya tarik atau tolak pada benda yang disebut dengan magnet. Selain itu, gaya magnet juga memiliki sifat-sifat yang menandai gejala gaya magnet. Berikut ini penjelasan mengenai sifat-sifat gaya magnet yang dilansir dari Gramedia.com.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Metode Ilmiah Biologi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Pengertian Ilmu Biologi dan Hal yang Dipelajari

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:51 WIB

Cabang-Cabang dari Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:11 WIB

Definisi dan Cabang Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 21:53 WIB

Ruang Lingkup Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:12 WIB

Pelestarian Ex Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:46 WIB

Pelestarian In Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:23 WIB

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | 22:16 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB

Faktor-Faktor Pembentuk Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 22:08 WIB

Manfaat Keanekaragaman Hayati untuk Kehidupan Manusia

Selasa, 30 November 2021 | 11:46 WIB

Manfaat dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 09:07 WIB
X